Syarat Masuk STAN Tahun 2018 – STAN merupakan salah satu perguruan tinggi dimana semakin tahun semakin banyak peserta yang mendaftar seleksi masuk ke STAN. syarat masuk STAN tahun 2018 menjadi satu bagian yang penting sehingga peserta bisa diterima dan menjadi peserta didik dari STAN.

Seleksi masuk ke STAN menjadi satu bagian yang menakutkan bagi para calon peserta seleksi. Empat tahapan dimulai dari tes tertulis, tes wawancara, tes fisik hingga tes TKD adalah tahapan penting supaya bisa lolos dan menjadi peserta didik di STAN.

Namun, sebelum masuk ke tahapan seleksi, para peserta memang harus melengkapi berbagai syarat baik yang umum ataupun yang khusus. syarat masuk STAN tahun 2018 asalkan dilengkapi dengan baik jauh-jauh hari akan membuat seleksi administrasi menjadi bisa lebih mudah dan langsung diterima.

Syarat Masuk STAN Tahun 2018

Syarat-syarat Masuk STAN Tahun 2018

Syarat masuk STAN tahun 2018 adalah peserta calon seleksi harus merupakan lulusan dari SMA/SMK/ sederajat. Peserta merupaka lulusan tahun 2018 pada waktu pendaftaran dan juga maksimal lulusan 2017. Berkas yang digunakan untuk calon peserta lulusan tahun sebelumnya harus menggunakan ijazah asli sedangkan lulus pada tahun 2018 boleh menggunakan SKHUN yang dilegalisir.

Nilai rata-rata bagi calon peserta harus memenuhi nilai minimal 70,00 dari skala 100,00 pada 5 semester dimulai dari genap dan ganjil di kelas X, XI dan ganjil dikelas XII. Nilai rata-rata 70,00 dari skala 100,00 juga harus terdapat pada Ijazah calon peserta sebagai salah satu syarat masuk STAN tahun 2018 untuk mengukur kemampuan akademik.

Umur bagi calon peserta juga menjadi satu syarat penting untuk diperhatikan. Peserta minimal harus berusia 17 tahun dan maksimal 20 tahun dihitung pada tanggal pendaftaran 2018. Tanggal lahir peserta yang digunakan merupakan tanggal lahir pada ijazah.

Syarat masuk STAN tahun 2018 lainnya yang tak kalah penting adalah status dari calon peserta. Pelamar juga harus memiliki status belum menikah atau belum pernah menikah.  Pelamar juga harus bisa sanggup untuk tidak menikah terlebih dahulu selama belajar di STAN.

Kesehatan fisik dan mental juga merupakan persyaratan penting untuk bisa masuk STAN. Peserta harus memiliki kesehatan fisik maupun mental dengan bukti terhindar dari alkohol, psikotropika dan zat adiktif dengan melampirkan surat keterangan dokter.

Persyaratan terakhir untuk bisa diterima di STAN tahun 2018 adalah menyiapkan uang sebesar Rp 250.000 yang digunakan sebagai uang pendaftaran. Pembayaran pendaftaran di STAN hanya melalui bank Mandiri dengan cara setor tunai, Atm, m-banking ataupun e-banking.

Alur Pendaftaran STAN

Syarat masuk STAN tahun 2018 peserta harus melalui alur pendaftaran yang benar. Caranya adalah dengan mendaftarkan diri melalui situs online dari website resmi peserta USM STAN. Sebelum mendaftar, siapkan berkas yang penting terlebih dahulu seperti Kartu Keluarga, Identitas diri, pasfoto terbaru, raport dan ijazah.

Tahapan pendaftaran adalah dengan melakukan pengisian data pribadi melalui web resmi panitia penyelenggara. Disini Anda diminta untuk memasukan No. Identitas Keluarga yang tertera pada Kartu Keluarga. Pastikan Anda tidak keliru satu angka pun dalam mengisikannnya.

Jika pengisian data pribadi sudah selesai dan berhasil maka selanjutnya akan diproses ke halaman pengisian identitas diri. Seluruh identitas diri harus diisi dengan benar dan lengkap. Saat sudah selesai Anda akan mendapatkan password yang digunakan untuk verifikasi dan pembayaran di bank nantinya.

Pastikan jika tahapan-tahapan tersebut sudah dilakukan secara benar dan berhasil. Kemudian alur pendaftaran selanjutnya adalah dengan melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui bank Mandiri yang dapat dilakukan secara tunai, ATM, e-bangking dan lainnya. Dalam melakukan pembayaran biaya tidak bisa ditarik kembali dengan alasan apapun sehingga sebelum membayar pastikan pendaftaran sudah benar.

Setelah selesai melakukan pembayaran maka syarat masuk STAN tahun 2018 selanjutnya adalah melakukan verifikasi data. Jadwal dan lokasi verifikasi di wilayah Cimahi bisa dilihat dari web resmi kementerian keuangan ataupun panitia STAN.

Selanjutnya adalah tahapan paling akhir dalam pendaftaran yaitu melakkan verifikasi dan mengambil Bukti Peserta Ujian atau BPU. Saat melakukan verifikasi peserta tidak boleh diwakilkan dan harus membawa identitas diri yang asli. Peserta juga harus membawa berkas-berkas asli seperti ijazah dan rapot asli. Selesai verifikasi maka syarat masuk STAN tahun 2018 terpenuhi dan berikutnya tinggal melakukan tahapan seleksi.

Untuk lebih mengetahui tentang beragam jenis persyaratan masuk ke STAN tahun 2018 peserta bisa terus mengupdate pengetahuan dengan gabung bersama garansimasukstan.co.id. Disini Anda bisa melihat bagaimana persyaratan dan alur pendaftaran dengan baik. Ditambah lagi ada pembekalan untuk beragam jenis tes sehingga Anda akan lolos di seluruh tahapan tes masuk ke STAN.