Syarat Masuk STAN Jurusan Akuntansi – Yang ditetapkan oleh pihak perguruan tinggi sebenarnya tidak terlalu sulit. Jurusan akuntansi memang salah satu jurusan di STAN yang peminatnya paling tinggi tiap tahunnya. Sebab, jurusan inilah yang menetapkan batas atas dan bawah yang paling longgar di antara jurusan lainnya. Apalagi tidak ada pembatasan jumlah pendaftar laki-laki maupun perempuan.

Syarat Masuk STAN Jurusan Akuntansi

Pemerataan ini yang membuta banyak orang memilih untuk mendaftar ke jurusan akuntansi. Selain itu, jurusan ini juga paling luas cakupan penempatan kerjanya. Sehingga kemungkinan untuk bisa menerima ikatan dinas dan mendapatkan posisi yang bagus sangat besar.

Namun, karena peminatnya yang sangat banyak, maka persaingan juga semakin ketat. Bagi kamu yang ingin masuk ke jurusan akuntansi STAN, harus memenuhi syarat masuk STAN jurusan akuntansi dan juga wajib mendaftarkan diri untuk bisa mengikuti tes

Persyaratan Calon Mahasiswa STAN dan Cara Pendataran

Syarat Umum

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh setiap pendaftar adalah mereka merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat. Semua SMA dan yang sederajat dari seluruh wilayah Indonesia berhak untuk mendaftar. Selain itu, mereka juga harus berusia 17 tahun dan maksimal 20 tahun tiap 1 September per tahun perekrutannya.

Nilai rata-rata yang menjadi syarat masuk STAN jurusan akuntansi adalah murni minimal 7.00. Nilai tersebut tidak boleh nilai pembulatan. Bagi pendaftar lulusan SMA sederajat, maka nilai tersebut harus stabil diperoleh selama lima semester. Sedangkan untuk yang sudah lulus SMA sederajat maka nilai tersebut merupakan nilai  SKHUN.

Pendaftar juga berstatus lajang dan tidak boleh menikah selama masih menempuh proses studi di STAN. Syarat lain adalah lolos dalam tes kesehatan. Pendaftar tentunya harus memiliki badan yang sehat, tidak memiliki cacat fisik dan bebas dari ketergantungan Narkoba, Psikotropika dan zat adiktif lainnya.

Syarat masuk STAN jurusan akuntansi yang terakhir adalah membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000. Uang Ujian Seleksi Masuk ini harus dibayarkan melalui Bank Mandiri sebagai bank yang ditunjuk oleh STAN. Cara pembayarannya bisa melalui transfer ATM, setor tunai lewat teller, internet banking maupun m-banking.

Prosedur Pendaftaran

Langkah pertama dalam pendaftaran Ujian Seleksi Masuk STAN jurusan Akuntansi adalah dengan mendaftar secara daring. Registras dapat dilakukan melalui portal resmi Kementerian PAN-RB yang bisa diakses lewat www.paselnaldikdin.menpan.go.id.

Agar syarat masuk STAN jurusan akuntansi lebih lengkap, maka pendaftar harus mengisi formulir yang  tersedia di situs web STAN dengan data yang benar dan sesuai. Setelah itu, Bukti Pendaftaran Online atau BPO harus dicetak sebagai syarat untuk melakukan pembayaran. Mandiri Virtual Account atau MVA akan tertera pada BPO dan bisa digunakan untuk pembayaran.

Proses pembayaran dan besar dari biaya USM sudah dibahas di atas. Setelah proses pembayaran selesai, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan verifikasi berkas. Namun sebelumnya harus menunggu pengumuman resmi yang bisa dilihat pada situs bppk.kemenkeu.go.id atau kemenkeu.go.id atau pknstan.ac.id.

Dalam pengumuman tersebut akan dijelaskan mengenai lokasi serta waktu proses verifikasi data. Di saat yang sama nanti, pendaftar juga harus mengambil Bukti Pendaftaran Ujian.

Saat verifikasi data, pendaftar juga harus menyerahkan dokumen yang berupa: bukti pembayaran dari bank Mandiri, rapor asli atau ijazah, pas foto 4×6 sebanyak 3 lembar, bukti cetak BPO,  fotokopi ijazah atau rapor selama lima semester terakhir dan harus sudah dilegalisir, identitas diri yang memiliki foto di dalamnya seperti KTP/Paspor/SIM/SKCK.

Tanggal dan tempat pelaksanaan serangkaian tes akan diberikan setelah proses verifikasi data selesai dan bisa dilihat di situs yang sama. Tahapan pertama adalah tes tertulis, yang kemudian akan diikuti oleh tes kesehatan jika pendaftar sudah dinyatakan lolos tes tertulis. Waktu dan tempat juga akan diumumkan pada situs tersebut.

Tes wawancara merupakan tahapan tes terakhir yang harus dilalui pendaftar guna syarat masuk STAN jurusan akuntansi. Tes ini juga cukup berpengaruh terhadap hasil akhir yang menyatakan diterima atau tidaknya pendaftar tersebut. Untuk melihat pengumuman terkait tes ini, bisa melihatnya di situs yang sama.

Serangkaian tahapan dan pendaftaran tersebut akan sia-sia jika kamu tidak melakukan persiapan yang matang sebelumnya. Persiapan tersebut bukan hanya mengenai persiapan fisik, tetapi juga mental. Kamu harus bisa memperluas pengetahuanmu dengan belajar berkaitan dengan tes seperti yang disebutkan di atas.

Agar kamu tidak kebingunan dalam belajar, ada baiknya kamu mendaftar di www.garansimasukstan.co.id. Sebab di sana kamu bukan hanya akan diberikan soal, tetapi juga diajari cara untuk bisa lolos dalam setiap tes. Syarat masuk STAN jurusan akuntansi akan terasa mudah dilalui jika kamu sudah mengetahui trik dan tipsnya.

Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi www.garansimasukstan.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, pilihlah jurusan yang bagus dan baik untuk agama juga agar lebih berkah.