syarat masuk stan indonesia

Syarat Masuk PKN STAN Indonesia

Syarat Masuk STAN Indonesia – Sampai sekarang syarat masuk STAN indonesia masih menjadi pencarian utama saat menjelang kelulusan siswa menengah atas dan bahkan jauh sebelum itu. Sebab, siapa yang tidak ingin masuk ke PKN STAN? Perguruan tinggi bergengsi yang menghasilkan lulusan terbaik setiap tahunnya. Belum lagi dengan lowongan pekerjaan yang terbuka lebar bagi para lulusan STAN.

syarat masuk stan indonesia

Setiap tahunnya hampir 60% dari peserta Ujian Seleksi Masuk STAN yang gugur dan berarti hanya 40% dari semua pendaftar yang bisa bergabung dan menjadi bagian dari keluarga besar STAN. Sebagian besar dari mereka yang gugur mengambil jurusan favorit di PKN STAN, salah satunya adalah jurusan Kebendaharaan Negara.

Syarat masuk STAN Indonesia sebenarnya cukup mudah dan semua lulusan SMA dan sederajat diperbolehkan untuk mendaftar. Hanya saja terkadang karena kurang pengetahuan akan jurusan yang akan diambil seringkali menjadi alasan mereka tidak lolos tes, terutama pada saat tes wawancara. Sebab dalam tes ini akan diberikan pertanyaan seputar alasan memilih jurusan tersebut.

Seputar Jurusan Kebendaharaan Negara dan Syarat Pendaftaran

Belum Banyak Yang Tahu

Di antara jurusan lainnya, jurusan Kebendaharaan Negara memang belum populer. Padahal syarat masuk STAN Indonesia dan juga kuota jurusan ini terbuka lebar. Prospek dalam lowongan pekerjaan ketika lulus juga sama besarnya dengan jurusan lainnya.

Lulusan dari jurusan Kebendaharaan Negara dituntut untuk memiliki kompetensi dengan segala sesuatu yang memiliki kaitan dengan kebendaharaan negara laiknya segala hal yang meliputi perencanaan keuangan seperti Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD, pendanaan negara serta Aset Inventaris.

Sedangkan materi kuliah jurusan Kebendaharaan Negara tidak jauh berbeda dengan jurusan lainnya. Namun memang syarat masuk STAN Indonesia untuk jurusan ini mahasiswanya akan diberikan materi pembelajaran penunjang spesialis, misalnya sistem akuntansi pemerintah, proses pengadaan barang dan jasa, evaluasi proyek, statistika keuangan serta masalah perencanaan penganggaran dan pengujian spesialis Kebendaharaan Negara

baca juga  Tips Memilih Bimbel Untuk STAN

Sama seperti jurusan lain, jurusan ini juga membuka dua program studi yaitu D1 dan D3. Untuk proses pendidikan program studi D3 dilakukan di gedung PKN STAN yang terletak di Bintaro, sedangkan program studi D1 dilakukan di balai pelatihan kebendaharaan negara yang ada di daerah seperti Medan, Makassar, Palembang, MalangĀ  dan Jogja.

Para mahasiswa lulusan Kebendaharaan Negara biasanya mendapat penempatan di Direktorat Jenderal Anggaran maupun di Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Tugas yang harus mereka lakukan adalah mengatur anggaran dan pengadaan kebutuhan negara.

Syarat Masuk Jurusan Kebendaharaan Negara

Seperti umumnya jurusan yang lalin, syarat masuk STAN Indonesia jurusan ini bisa diakses oleh semua lulusan SMA dan sederajat dari jurusan dan bidang keahlian apa pun. Baik itu IPA, IPS, Bahasa dan lain sebagainya. Pendaftaran juga terbuka untuk semua lulusan dari semua suku, agama, ras dan golongan, yang terpenting adalah orang Indonesia.

Para pendaftar USM STAN harus berusia minimal 17 tahun dan maksimal 20 tahun tiap tanggal 1 September pada tahun perekrutan yang mereka ikuti. Para pendaftar juga harus memiliki nilai rata-rata dalam ijazah mereka minimal 7.00 dan bukan hasil pembulatan.

Para pendaftar juga masih berstatus lajang dan belum menikah serta bersedia tidak menikah selama proses belajar masih berlangsung. Bagi para pendaftar USM yang sekolah asalnya berada di luar negeri, maka semua dokumen terkait nilai harus mendapatkan pengesahan terlebih dahulu dari Kementerian Pendidikan Nasional.

Jika nilai ijazah tidak berupa angka, maka harus menyertakan surat keterangan dari sekolah yang sudah mengkonversikan nilai tersebut ke dalam angka dalam skala 1 hingga 10. Hal tersebut adalah syarat masuk STAN Indonesia yang wajib agar tidak terjadi kesalahan intepretasi.

baca juga  Bimbel STAN di Surabaya

Selain itu, para pendaftar juga harus sehat dan tidak memiliki cacat fisik. Serta tidak boleh memiliki ketergantungan terhadap narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya yang nanti akan dibuktikan dalam tes kesehatan. Tidak buta warna dan tidak berkacamata. Jikalau sudah berkacamata, maka dioptri maksimal adalah dua. Selain itu, para pendaftar juga harus membayar biaya pendaftaran sesuai aturan berlaku.

Semua persyaratan tersebut harus diperhatikan sejak jauh hari, agar saat sudah mendekati masa pendaftaran tidak mengalami kesulitan dalam menyiapkan berkas. Selain itu persiapan lainnya adalah dengan persiapan dalam menghadapi tes yang akan diujikan termasuk tes tertulis, tes kesehatan dan tes wawancara.

Ada banyak cara untuk bisa melalui setiap tes dengan baik, salah satunya dengan mengikuti lembaga bimbingan belajar khusus USM STAN. Dengan mengikuti lembaga semacam ini, maka para calon peserta USM akan bisa lebih fokus dalam belajar.

Jika kamu mencari lembaga bimbingan belajar yang tepat, kunjungi saja www.garansimasukstan.co.id yang akan membantu setiap permasalahanmu dan membimbingmu sukses dalam lolos syarat masuk STAN Indonesia, persiapkan diri Anda dengan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *