Syarat Masuk Kampus STAN – STAN atau PKN STAN merupakan salah satu sekolah tinggi kedinasan di Indonesia yang sangat terkenal. STAN juga menjadi kampus favorit bagi siswa lulusan SMA untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. Bagi mahasiswa yang memiliki nilai akademik tinggi maka bisa menjadikan STAN sebagai kampus tujuan unggulan. Hal ini pula yang menjadikan syarat masuk kampus STAN banyak dicari oleh masyarakat.

Selain sebagai kampus favorit, PKN STAN juga menjanjikan jaminan kerja bagi para lulusannya. Sehingga mampu menarik ribuan pelamar setiap tahunnya. STAN merupakan PTIN atau Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Perguruan tinggi ini berdiri sejak tahun 1977 dan sejak tahun 2015 STAN berganti nama menjadi PKN STAN.

Syarat Masuk Kampus STAN

Syarat Masuk Kampus STAN Agar Diterima

Persyaratan Umum Ujian Masuk STAN

Untuk bisa menjadi mahasiswa PKN STAN maka ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa. Yang pertama adalah peserta merupakan lulusan SMA/SMK/sederajat. Usia minimal pendaftar adalah 17 tahun dan maksimal tidak lebih dari 20 tahun. Usia yang dimaksud sesuai dengan yang tertera di ijazah masing-masing peserta.

Peserta juga harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan seperti yang sudah tertera di situs resmi stan.ac.id. Persyaratan lainnya adalah peserta belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama proses pendidikan di STAN berlangsung.

Syarat masuk kampus STAN yang tidak kalah penting berkaitan dengan kesehatan peserta, yakni memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik. Peserta juga harus bebas dari narkoba dan sejenisnya dengan dibuktikan surat keterangan dokter atau puskesmas. Para peserta wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp250.000,00 Biaya yang sudah dibayarkan tidak bisa ditarik kembali dengan alasan apapun.

Persyaratan Khusus Ujian Masuk STAN

Selain persyaratan umum, para peserta juga harus memperhatikan persyaratan khusus yang ditetapkan oleh panitia penyelenggara. Persyaratan umum yang pertama adalah nilai rata-rata ujian nasional yang tertulis di ijazah dan SKHUN minimal 70,00 dengan skala 100,00. Nilai yang dimaksud bukan merupakan hasil dari pembulatan desimal.

Nilai Ujian Nasional ini menjadi standar penyaringan pertama untuk bisa masuk STAN. Dengan cara ini pihak panitia penyelenggara seleksi bisa memastikan bahwa calon peserta memiliki kemampuan akademik yang bagus. Selain itu, ada juga persyaratan khusus lain yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa untuk program studi tertentu seperti tidak buta warna dan tidak memakai kacamata.

Setelah memenuhi syarat umum dan syarat khusus masuk kampus STAN, maka para peserta harus mengikuti Ujian Saringan Masuk STAN (USM STAN). Dalam mengikuti USM STAN para peserta juga harus memahami alur pendaftaran agar syarat masuk kampus STAN yang sudah dipenuhi tidak sia-sia.

Alur Pendaftaran USM STAN

Sebelum mengikuti USM STAN para peserta harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu secara online. Ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran secara online. Dokumen tersebut harus di-upload ke situs pendaftaran USM STAN. Dokumen yang harus dipersiapkan antara lain adalah:

  • Lulus SMA/SMK/sederajat
  • Melampirkan pasfoto 3×6 terbaru
  • Melampirkan nilai rapor semester I sampai V dan mencantumkan nilai akhir yang tertulis di ijazah
  • Peserta mengisi formulir pendaftaran secara online.

Setelah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan para peserta bisa alur pendaftaran sebagai syarat masuk kampus STAN. Alur pendaftaran ini dilakukan secara online, yakni sebagai berikut:

  • Para calon peserta harus mengisi data diri melalui portal resmi panseldikdin.menpan.go.id.
  • Untuk bisa melakukan pendaftaran para calon peserta bisa klik ikon pendaftaran yang tertera di layar komputer.
  • Kemudian masukan Nomor Identitas Keluarga atau NIK yang sesuai dengan yang ada di Kartu Keluarga. Masukkan kode capca yang ada di layar lalu klik submit.
  • Jika sudah berhasil maka Anda akan diarahkan ke halaman pengisian identitas diri. Di sini Anda harus mengisi identitas diri dan juga alamat email yang masih aktif. Kata kunci untuk membuat password juga harus Anda siapkan di langkah ini. Jika sudah lengkap maka Anda bisa klik submit.
  • Jika tahapan tadi sudah diisi dengan benar dan lengkap maka akan muncul keterangan “registrasi berhasil”. Komputer akan secara otomatis mengunduh bukti pendaftaran USM STAN. bukti pendaftaran ini harus disimpan sebagai bukti untuk bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Apabila dalam melakukan pendaftaran online terdapat masalah Anda bisa segera mengunjungi situs resmi usm.stan.ac.id. Dalam situs resmi ini Anda bisa menemukan solusi dari masalah yang dihadapi agar bisa memenuhi syarat masuk kampus STAN.

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan belajar melalui lembaga bimbingan belajar yang sudah berpengalaman. Salah satu tempat bimbel yang terpercaya adalah di garansimasukstan.co.id. Dengan belajar dengan tekun maka syarat masuk kampus STAN akan mudah saja untuk Anda penuhi.