Seleksi Masuk STAN 2018 – Siapa yang tidak mau masuk salah satu perguruan tinggi ikatan dinas di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia? Tentu semua orang sangat menginginkannya bukan? Pasalnya orang yang bisa lolos di STAN bisa masuk ke semua perusahaan yang diinginkan. Bahkan orang yang sudah masuk STAN bisa dijadikan sebagai pegawai PNS di kementerian keuangan.  Untuk itu banyak sekali pembukaan Seleksi Masuk STAN 2018.

Sekarang ini, STAN sudah mengalami banyak perubahan nama yang pada dasarnya didirikan oleh dasar hukum keputusan presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967. Selain itu STAN juga telah mengalami perubahan nama yaitu menjadi PKN STAN atau politeknik keuangan negara STAN.

Seleksi Masuk STAN 2018

Mempelajari Langkah Masuk Menuju Ujian STAN

Program Studi STAN 2018

Perlu Anda ketahui bahwa program studi yang diselenggarakan oleh STAN  terdiri dari:

  • Program Diploma III Keuangan khususnya lebih ke bidang Akuntansi
  • Program Diploma I / III Keuangan khususnya lebih ke bidang Kebendaharaan Negara
  • Program Diploma III Keuangan untuk mengurusi bidang piutang Negara dan lelang Negara
  • Program Diploma I / III Keuangan khususnya lebih ke bidang Kepabeanan
  • Program Diploma III Keuangan khususnya lebih ke bidang pengurusan hal yang berbau hasil dari Bumi dan Bangunan

Apabila untuk  program studi non reguler maka STAN menyediakan program studi sebagai berikut:

  • Program Diploma III Keuangan khususnya lebih ke bidang Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus)
  • Program Pendidikan khususnya lebih ke bidang Pembantu Akuntan (PA)
  • Program Diploma IV Keuangan khususnya lebih ke bidang Akuntansi
  • Program Diploma III Keuangan khususnya lebih ke bidang Pajak dengan Kurikulum Khusus

Sekarang ini Seleksi Masuk STAN 2018 sangatlah terbuka lebar dan sangat ketat. Pendaftaran online dan penerimaan baru baik untuk program Diploma I dan Diplima III adalah sebagai berikut:

Syarat Pendaftaran Masuk STAN

  • Anda harus memiliki nilai 70 dari grade 100 dan itu minimal, serta berlaku untuk yang baru lulus kemarin atau tahun sebelumnya.
  • Baru lulus tahun kemarin untuk semua sekolah menengah atas atau sederajat
  • Memiliki badan yang sehat, bebas dari berbagai kandungan narkoba, zat adiktif, dan psikotropika
  • Memiliki usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam rapor atau ijazah
  • Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama masa pendidikan
  • Tinggi badan juga harus ideal untuk program studi seperti kepabeanan
  • Tidak cacat badan dan tidak buta warna serta memiliki tinggi badan 165 cm laki-laki dan 155 cm untuk wanita
  • Tidak menggunakan kacamata atau meskipun menggunakan lensa kontak atau kacamata dibatasi hingga ukuran 2 dioptri.
  • Membayar biaya pendaftara penerimaan mahasiswa bar sebesar Rp. 250.000

Langkah Pendaftaran Seleksi Masuk STAN 2018

Pertama, registrasi peserta dan pemilihan perguruan tinggi kedinasan melalui portal panselnas. Setelah itu Anda mengisi formulir pendaftaran online melalui portal PMB STAN, kemudian setorkan biaya pendaftarannya. Setelah menyetor uangnya maka verifikasi berkas dan pengambilan bukti  peserta ujian.  Registrasi peserta dan pemilihan Seleksi Masuk STAN 2018  akan memberikan Anda kode virtual account. Calon peserta akan melakukan pembayaran melalui bank mandiri.

Sebelum melakukan pembayaran Anda  harus memenuhi seluruh persyaratan yang diminta dan uang yang telah disetor kemungkinan besar tidak akan kembali dengan alasan apapun. Setelah itu nanti akan mendapatkan pengumuman, jika lolos maka wajib melakukan verifikasi berkas dan pengambilan BPU di lokasi dengan jadwal yang sudah ditentukan. Tidak dapat diwakilkan karena harus datang sendiri dan menyerahkan bukti pendafataran online.

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Banyak sekali yang harus diserahkan mulai dari ijazah asli dan rapor asli, menyerahkan bukti pembayaran dari bank, menyerahkan pas foto studio berwarna dengan ukuran 4×6 cm, menunjukkan identitas dan bukti diri asli

Dokumen yang perlu Anda persiapkan dalam Seleksi Masuk STAN 2018 adalah rapor yang mencantumkan nilai semester I-V atau ijazah yang mencantumkan nilai ujian tulis. Dokumen yang wajib dibawa ketika verifikasi berkas adalah bukti pendaftara online yang sudah dikasih materai yang berlaku. Fotokopi halaman identitas pada rapor, dokumen asli, dan pas foto sebanyak 3 lembar.

Dokumen yang wajib Anda bawa ketika Seleksi Masuk STAN 2018 dan pada saat ujian adalah bukti peserta ujian yang telah diserahkan pada saat verifikasi berkas, dan bukti diri asli berfoto yang masih berlaku sesuai dengan yang tercantum di dalam bukti peserta ujian. Jika ada perbedaan informasi maka yang akan berlaku adalah yang ada di website resmi STAN.

Dengan adanya pembukaan Seleksi Masuk STAN 2018 maka lebih baik Anda persiapkan mulai dari sekarang agar ketika sudah dibuka Anda bisa langsung apply dan bisa dengan cepat mempersiapkan diri dengan lebih matang. Karena dengan persiapan yang matang sudah pasti lolos akan sangat terbuka lebar.