Motivasi Masuk STAN – Banyak lulusan SMA yang mengaku takut masuk Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, hal ini karena persaingan yang sangat ketat. Namun kini sudah tidak lagi, hal tersebut karena ada saran dan motivasi masuk STAN 2018 yang dikatakan langsung oleh mahasiswa senior bahkan lulusan dari sekolah kedinasan tersebut. Ini ternyata bisa mengembalikan rasa percaya diri dan yakin bisa lolos dalam Ujian Saringan Masuk (USM) PKN STAN.

Bicara soal angka, setiap tahunnya memang terjadi peningkatan jumlah pendaftar USM PKN STAN. Hal ini karena bukan hanya lulusan SMA saja yang bisa mendaftarkan diri, lulusan SMA tahun lalu dengan batas usia yang sudah ditentukan bisa kembali mengikuti USM PKN STAN. Sudah jelas persaingan semakin ketat, apalagi yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

Motivasi Masuk STAN

Namun tenang saja, bagi lulusan SMA tahun ini memiliki peluang diterima lebih tinggi, hal ini sudah bukan lagi rahasia dalam USM PKN STAN. Dimana ada banyak pendaftar yang sengaja mencari saran dan motivasi masuk STAN 2018 dari senior untuk memperlancar jalan, bahkan mendapatkan tips bagaimana untuk bisa jadi bagian mahasiswa STAN yang bertempat di Bintaro, Jakarta.

Cuma ada satu jalan untuk bisa masuk STAN, USM PKN STAN. Dimana hanya ada ujian tertulis, kesehatan, psikotes dan wawancara. PKN STAN tidak akan menerima mahasiswa lewat jalur lainnya, dimana hal ini bisa diikuti semua lulusan SMA di Indonesia asalkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan sebelumnya.

Kata Senior Soal Saran dan Motivasi Masuk STAN 2018

Ikuti Jadwal Pendaftaran STAN dari Website Resmi

Hal pertama yang harus diperhatikan calon mahasiswa PKN STAN, kapan waktu pendaftaran. Dimana website resmi STAN akan mengeluarkan jdwal pendaftaran lengkapnya, beserta tanggal untuk verifikasi data, waktu pengumuman setiap tahapan tes dan kapan akhirnya resmi sebagai mahasiswa STAN untuk tahun ajaran 2018-2019.

Jangan anggap remeh informasi penting tersebut, sepintar apapun Anda akan tetap gagal bergabung sebagai mahasiswa PKN STAN jika tidak mendaftarkan diri tepat waktu. Bahkan kini sudah menggunakan sistem online dalam jalur pendaftaran awal, sehingga memudahkan pendaftaran yang bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Pembayaran juga langsung dari bank pemerintah terdekat di setiap kota.

Pilih Lokasi Verifikasi dan Tes Masuk Terdekat

Hal lain yang selalu dikatakan senior sebagai motivasi masuk STAN 2018 mendatang, memilih lokasi verifikasi dan tes masuk yang paling dekat dengan rumah. Tidak ada peluang lebih dengan mengikuti tes di kampus utama STAN, dimana nilai tes tertulis yang menentukan segalanya. PKN STAN memang memudahkan mahasiswa yang berasal dari daerah yang ingin bergabung sebagai mahasiswa baru.

Setelah melakukan pendaftaran secara online dan pembayaran di bank terdekat, maka harus melakukan verifikasi berkas calon mahasiswa secara langsung. Biasanya setiap daerah sudah ditunjuk kantor perwakilan STAN yang menggunakan kantor keuangan, jangan memilih lokasi yang terlalu jauh karena hanya akan menyusahkan dan lihat lagi kapan tanggal verifikasi dilakukan karena kini setiap pendaftar mendapatkan jadwal berbeda.

Selain itu, jangan memilih lokasi tes yang menyusahkan. Jika sudah melakukan verifikasi data, maka sudah ditentukan dimana tes tertulis dilakukan. Biasanya memang dipilih lokasi terdekat dari rumah, bisa di kantor dinas terkait, indoor stadium atau sekolahan dengan kapasitas besar.

Cari tahu terlebih dahulu, bahkan hingga ruangannya, ini akan sangat menguntungkan bagi peserta. Dimana persiapan awal bisa menentukan mental peserta, perlu diingat tidak akan ada peserta yang boleh mengikuti tes jika sudah terlambat. Ada pengecualian jika terjadi hal penting dan tidak direncanakan sebelumnya, namun tidak diberikan perpanjangan waktu dan mengerjakan sesuai epserta lainnya.

Persiapkan Diri Dengan Tes Masuk STAN Tahun Sebelumnya

Penting sekali untuk bisa lolos dalam tes tertulis, dimana hampir 75 persen calon peserta gagal dalam tahapan ini. Bisa dibilang jika berhasil lolos dalam tes tertulis maka sudah akan diterima hingga 90 persen, sisanya hanya tes psikotes, kesehatan dan wawancara saja. Saran dan motivasi masuk STAN dari senior adalah mengerjakan soal tes masuk dari tahun sebelumnya.

Dimana jika melihat soal tes setiap tahunnya, tidak ada perubahan ritme. Hanya menggunakan jenis soal yang sama, hanya diubah angka dan penempatannya saja. Ini peluang tepat, karena bisa mengatur kesiapan. Pasalnya dalam ujian tertulis akan disediakan 150 soal dengan batasan waktu 2 jam saja, berarti hanya ada 120 menit dan setiap soal harus isa dijawab kurang dari satu menit.

Jaga Kesehatan Jasmani dan Rohani Dalam Masa USM PKN STAN

Jangan sampai setelah bisa lolos dalam tes masuk harus gagal di tes kesehatan, sebaiknya mulai sekarang melihat kondisi tubuh, jika ada kekurangan segera diperbaiki. Dimana peluang untuk gagal di tes kesehatan sangat kecil, kecuali memiliki penyakit yang berkaitan dengan NAPZA, maka tidak akan bisa lolos dalam USM PKN STAN kapan pun itu.

Cukup jaga pola makan sehat dan tubuh yang ideal, memang dalam beberapa jurusan PKN STAN menuntut dengan adanya syarat fisik. Namun ada banyak lagi jurusan lainnya yang tidak mempermasalahkan fisik pendaftar, ini jadi peluang bagi siapa pun untuk ikut dalam USM PKM STAN, inilah motivasi masuk STAN yang selalu dikatakan setiap senior.

Hal terakhir yang menjadi motivasi masuk STAN 2018 adalah tidak ragu untuk mencoba kembali, tidak semua pendaftar akan langsung lolos. Dimana USM PKN STAN akan terbuka untuk setiap pelajar yang belum melewati usia 20 tahun, jadi masih ada satu kesempatan lagi untuk bisa bergabung sebagai mahasiswa PKN STAN di tahun mendatang.