Pendaftaran STAN Resmi – Tidak pernah sepi peminat. Bagaimana tidak, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang belum lama ini ganti nama menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) menawarkan program pendidikan yang menggiurkan.

Sekali masuk, Anda tidak akan dipungut biaya apapun dan dijamin langsung menyandang status Pegawai Negeri Sipil (PNS) di akhir perkuliahan. Berbeda dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya yang mengharuskan mahasiswanya diasramakan, hal ini tidak berlaku di PKN STAN.

pendaftaran stan resmi

Setiap tahunnya, jumlah siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diterima menjadi mahasiswa PKN STAN tidak menentu karena disesuaikan dengan banyaknya total PNS yang dibutuhkan.

Sejauh ini jumlah mahasiswa terbanyak yang diterima ada di tahun 2013 yaitu dengan jumlah 4954 siswa dari 88.079 pendaftar, hampir 5000 pelajar. Sedangkan jumlah yang diterima paling sedikit ada di tahun 2007 yaitu hanya sebanyak 2014 pelajar saja dari jumlah pendaftar sebanyak 125.285 pelajar.

Dilihat dari angka tersebut, dapat dibilang peluang untuk masuk PKN STAN sangatlah kecil. Banyak yang gagal, padahal syarat dan ketentuan tiap tahun kurang lebih sama. Tentunya kegagalan ini bukan karena mereka tidak bisa, tapi karena siswa-siswi yang terpilih dipilih yang terbaik diantara yang paling baik. Pendaftaran STAN resmi seakan jadi arena perang otak dengan lawan yang kemampuannya kurang-lebih sama.

Persyaratan dasar untuk bisa mendaftar sebagai calon mahasiswa di PKN STAN kira-kira sama dengan syarat pendaftaran perguruan tinggi lainnya. Rata-rata nilai raport dan ujian akhir minimal 7,00, usia tidak lebih dari 20 tahun setelah tanggal yang ditentukan, berbadan sehat, tidak cacat badan, bebas napza, belum menikah dan tentunya bersedia membayar pendaftaran ujian seleksi masuk dengan nominal yang sudah ditentukan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang langkah demi langkah jalur pendaftaran PKN STAN, simak penjelasan di bawah ini:

Proses Pendaftaran STAN Resmi

Pendaftaran

Untuk langkah pertama, pendaftaran PKN STAN dilakukan secara online di website www.panselnas.id dengan menggunakan nomor KTP dan nomor Kartu Keluarga. Setelah regristrasi di website tersebut, Anda akan menerima e-mail yang berisi password untuk login di website www.pmb.pknstan.ac.id.

Di website tersebut Anda bisa login dengan NIK dan password yang sudah dikirimkan lewat e-mail tadi. Disinilah Anda diharuskan mengisi formulir pendaftaran. Pastikan Anda mengisi data yang diminta dengan benar dan teliti agar tidak terjadi kesalahan yang bisa menghambat kelanjutan pendaftaran Anda nanti. Setelah yakin dengan informasi yang sudah Anda masukkan, jangan lupa untuk mengunci data.

Langkah selanjutnya adalah mencetak BPO berisi kode MVA yang nantinya akan Anda gunakan untuk membayar biaya pendaftaran melalui bank pilihan Anda. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayarannya agar transaksi Anda dalam pendaftaran STAN resmi dianggap valid.

Setelah pendaftaran online selesai, Anda diharuskan melakukan verifikasi berkas secara langsung di kota-kota yang telah ditentukan oleh panitia pendaftaran PKN STAN. Kota tempat Anda verifikasi berkas juga akan menjadi kota tempat Anda mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM). Setelah verifikasi berkas, Anda akan mendapatkan nomor pendaftaran dan dinyatakan lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Ujian Saringan Masuk

USM PKN STAN sampai 2015 terdiri dari dua tahap, yaitu tes tertulis dan tes fisik & wawancara. Mulai tahun 2016 yang lalu, ditambahkan satu tahap lagi yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD).

Tes ini tadinya dilakukan setelah anda menyelesaikan pendidikan di PKN STAN sebagai syarat menyandang gelar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Ini artinya diakhir perkuliahan Anda sudah tidak perlu lagi menjalani tes ini dan secara otomatis dinyatakan sebagai CPNS.

Tes tertulis terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Anda diharuskan menjawab 120 soal TPA dalam waktu 100 menit dan 60 soal TBI dalam waktu 50 menit. Sekilas memang tidak sulit, tapi USM inilah yang akan menentukan apakah Anda diterima di PKN STAN atau tidak. Jika Anda gagal dalam tahap tes tertulis ini, Anda langsung dinyatakan gagal dan tidak bisa lanjut dengan tes tahap kedua.

Jelas butuh persiapan yang matang untuk bisa mengalahkan ribuan saingan lainnya dalam pendaftaran STAN resmi tahap ini. Disinilah titik dimana Anda membutuhkan garansimasukstan.co.id. Program bimbingan belajar dengan tujuan memastikan Anda masuk PKN STAN ini akan membimbing dan membekali Anda dengan ilmu yang tidak Anda dapatkan sebelumnya di bangku SMA.

Programnya sendiri disusun oleh lulusan PKN STAN bersama tokoh akademis dari universitas terbaik di Indonesia. Dengan 6 program unggulan garansimasukstan.co.id, Anda diberikan jaminan mengamankan satu kursi di PKN STAN. Tingkat kepercayaan diri Anda dalam mengerjakan soal USM PKN STAN pastilah meningkat karena persiapan USM Anda dibantu oleh orang-orang yang tepat.

Tidak perlu putus asa jika pengetahuan Anda termasuk pada kelompok siswa rata-rata. Selama masih ada kesempatan untuk mengusahakan keberhasilan Anda dalam pendaftaran STAB resmi dan mengerjakan soal USM, usahakanlah untuk melakukan apapun yang Anda bisa. Jangan biarkan nilai USM menjadi penghalang Anda merebut kesempatan menimba ilmu di PKN STAN.