Pendaftaran ke STAN

Hal Penting Untuk Diperhatikan Saat Pendaftaran ke STAN

Pendaftaran ke STAN – Selalu menjadi hal yang menarik untuk disimak setiap tahun. STAN memang menjadi salah satu perguruan tinggi yang sangat diminati oleh calon mahasiswa dari berbagai penjuru di Indonesia. Adanya hubungan kedinasan yang masih terjaga di STAN membuat perguruan tinggi ini diserbu oleh calom mahasiswa yang mendambakan mendapatkan pekerjaan layak ketika mereka lulus kelak. Tidak jarang bila puluhan hingga ratusan ribu calon mahasiswa rela mendaftar di STAN setiap tahun.

Pendaftaran ke STAN

Besarnya animo calon mahasiswa untuk mendaftarkan dirinya membuat persaingan untuk dapat diterima di STAN menjadi sangat ketat. Tentu saja, pihak perguruan tinggi tidak bisa menerima seluruh pendaftar karena kuota yang memang cukup terbatas. Oleh karena itu, aka nada persaingan yang ‘saling menyingkirkan’ antar calon mahasiswa melalui tes yang cukup panjang dan ketat. Bagi anda yang memang berminat untuk melanjutkan pendidikan anda dan mendaftar di perguruan tinggi ini, berikut ada hal-hal penting yang harus anda perhatikan saat mendaftar di STAN.

Beragam Hal Penting Mengenai Pendaftaran ke STAN

Rasio Kelulusan

Hal paling pertama yang perlu anda perhatikan sebelum anda mendaftarkan diri anda ke STAN adalah rasio kelulusan. Apa itu rasio kelulusan? Rasio kelulusan adalah perbandingan banyaknya kuota penerimaan mahasiswa dibandingkan jumlah pendaftar dan dikali dengan seratus persen. Secara singkat, semakin banyak peserta yang mengikuti tes, maka rasio kelulusan akan semakin kecil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa harapan seseorang untuk masuk ke STAN cukup terbatas jika jumlah peserta terlampau banyak, juga sebaliknya.

Telah disinggung sebelumnya bahwa peminat STAN dari tahun ke tahun cenderung mengalami trend peningkatan. Rata-rata para pelamar ke perguruan tinggi ini adalah sekitar 90an ribu calon mahasiswa. Angka tersebut bukanlah angka yang kecil karena STAN hanya sebuah universitas, berbeda dengan snmptn yang melibatkan banyak universitas.

baca juga  Bimbel STAN Yang Murah?

Dengan banyaknya pendaftar di perguruan tinggi ini, ada beberapa konsekuensi yang harus anda terima. Pertama, anda harus meyakini bahwa memang butuh perjuangan keras untuk bisa lolos tahapan pendaftaran ke STAN. Kedua, anda harus bersikap realistis dimana anda harus siap jika ternyata anda gagal.

Sistem Pelaksanaan Penerimaan

Selain rasio kelulusan, hal lain yang cukup penting untuk diperhatikan dalam pembahasan mengenai pendaftaran ke STAN adalah sistem pelaksanaan penerimaan. Setiap perguruan tinggi tentu memiliki aturan tersendiri mengenai sistem pelaksanaa penerimaan. Sebagaimana kita tahu, pendaftar di STAN termasuk salah satu yang terbesar diantara perguruan tinggi yang lain. Sudah barang tentu jika STAN menerapkan sistem penerimaan yang tergolong cukup ketat.

Dalam pendaftaran ke STAN, akan ada tes yang terdiri dari tiga tahapan. Ketiga tahapan tes tersebut adalah tes tertulis, tes kesehatan fisik dan tes kemampuan dasar. Sistem ini mulai berlaku tahun 2016 yang lalu. Tentu, untuk bisa diterima di STAN, maka peserta harus lolos di ketiga tes tersebut dengan baik dan memuaskan. Ketiga tes tersebut adalah penentu nasib anda selanjutnya.

Jurusan Favorit

Hal lain yang penting untuk senantiasa diperhatikan adalah jurusan yang ada di STAN. Jurusan menjadi sesuatu yang teramat penting karena pemilihan jurusan juga berdampak pada kesuksesan anda dalam proses pendaftaran tersebut. STAN memang dikenal sebagai sekolah tinggi akuntansi. Beberapa awam mungkin mengetahui hanya akuntansi saja jurusan yang ada di STAN. Namun, faktanya, ada sekitar enam jurusan yang dibuka di STAN yang bisa anda pilih sesuai dengan minat dan bakat anda.

Perlu diketahui bahwa setiap jurusan mengutamakan calon mahasiswa yang memilih jurusan tersebut sebagai pilihan pertama dan kuota dari setiap jurusan hanya sekitar 150 orang saja. Oleh karena itu, anda harus cermat dalam mempertimbangkan jurusan tersebut untuk anda pilih. Keputusan pemilihan jurusan akan mempengaruhi kesuksesan anda dalam menghadapi persaingan masuk ke perguruan tinggi.

baca juga  Cara Pendaftaran PKN STAN Tahun 2019

Selain itu, STAN juga membuka jurusan berdasarkan tingkat kelulusan, yakni D3 dan S1. Pemilihan tingkat kelulusan ini juga teramat penting untuk dipertimbangkan. Lihat kemampuan anda dan peluang untuk diterima sebelum mendaftar. Jika anda memiliki kemampuan yang di atas rata-rata dan memiliki keyakinan yang tinggi, maka memilih salah satu jurusan favorite di STAN, yakni akuntansi, adalah pilihan terbaik.

Persiapan Sebelum Tes

Menyimak beragam poin mengenai pendaftaran ke STAN sebagaimana di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa STAN memang menjadi salah satu perguruan tinggi yang sangat diminati, terutama karena hubungan kedinasannya dengan lembaga negara tertentu. Adanya banyak pendaftar dan persaingan yang semakin ketat tentu memaksa anda untuk memiliki kemampuan yang lebih dan persiapan yang matang sebelum menjalani tes.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk bergabung dengan lembaga les khusus STAN sebelum tes penerimaan. Bagi anda yang ingin mengetahui trik dan tips agar diterima di STAN, anda bisa mengklik garansimasukstan.co.id. Kami adalah lembaga belajar khusus STAN yang akan membantu anda untuk sukses menghadapi pendaftaran ke STAN. Segera daftarkan diri anda dan raih kesuksesan masuk di stan seperti yang anda inginkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *