Peluang kerja lulusan STAN

Peluang Kerja Lulusan STAN di Masa Depan

Peluang Kerja Lulusan STAN – Banyak orang yang bertanya mengenai peluang kerja lulusan STAN. Pertanyaan tersebut tentu tidaklah salah, memang Anda harus tahu sebelum masuk institusi pendidikan ikatan dinas atau STAN ini. Mungkin saja Anda sedang dalam tahap menentukan pilihan akan kuliah dimana? Karena itu, sebelum Anda menentukan pilihan pastinya ingin mengetahui selu beluk kuliah hingga prospek kerja lulusannya.

Sama seperti Anda yang ingin masuk ke sekolah tinggi akutansi negara. Sebelum Anda memutuskan untuk bersekolah di ikatan dinas favorit ini, disarankan Anda harus tau seluk beluknya. Seluk beluk yang dimaksud yakni meliputi kehidupan kampus baik ketika sedang kuliah, lalu biaya kuliah hingga jurusan dan program studi yang ada didalamnya. Selain itu, Anda pun harus tau peluang kerja lulusan nantinya.

Peluang kerja lulusan STAN

Sebelum membahas secara lengkap mengenai peluang kerja di STAN atau lulusan sekolah tinggi akutansi ikatan dinas ini, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui jurusan apa saja yang ada didalamnya sehingga Anda akan tau penempatan kerja setelah lulus nanti. Umumnya penempatan institusi kerja lulusan sangat ditentukan dari pilihan program studi apa yang akan diambil sehingga sesuai dengan spesifikasi dan tuntutan pekerjaan yang diperlukan nantinya. Secara garis besar ada beberapa jurusan seperti akutansi, penilai, kebendaharaan negara, kepengurusan piutang, lelang negara dan beberapa jurusan yang lain.

Nah berdasarkan program dan jurusan studi yang ditempuh oleh lulusan, dari situlah ditetapkan di perusahaan atau instansi mana lulusan akan ditempatkan.

Beberapa instansi tempat kerjanya sudah pasti semua yang berada di bawah naungan kemeterian keuangan negara dengan adanya status sebagai calon pegawai neger sipil (CPNS) untuk lulusan baru, kemudian akan diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dengan kriteria dan melewati prosedur yang telah ditetapkan.

baca juga  Minder Dengan Biaya Masuk STAN?

Seperti namanya sekolah ikatan dinas, pastinya dimiliki kementerian keuangan. Karena itu pekerjaanya pun masih di instansi yang mempunyai hubungan dengan kementerian keuangan. Namun Anda yakin banyak orang ingin bekerja pada kemeterian keuangan. Insitusi ini merupakan peluang kerja lulusan STAN. Bahkan mencapai seratus persen lulusan STAN akan bekerja di instansi ini.

Berikut Ini Lembaga Penempatan Lulusan STAN :

Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Keuangan RI

Sekretariat kementerian keuangan memiliki tugas sebagai pelaksana pembinaan, pengordinasian tugas, dan pemberian dukungan yang berhubungan dengan administrasi semua keperluan Kementerian Keuangan sesuai dengan kebijakan dan perundang undangan yang sudah berlaku beserta ketetapan menteri keuangan. Yang pasti, lembaga ini merupakan sekrataris operasional kantor kementrian keuangan.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)

DJKN mempunyai tugas yang berhubungan dengan perumusan, pelaksanaan kebijakan hingga menjalankan standardisasi teknis terutama di bidang kekayaan negara, lelang negara dan piutang sesuai dengan perturan yang sudah ditetapkan.

Direktorat Jenderal Anggaran (DJA)

Sesuai undang-undang dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh menteri keuangan, lembaga ini mempunyai tugas dalam perumusan, pelaksana kebijakan dan standardisasi teknis dalam penganggaran.

Ditjen Pengelolaan Utang (DJPU)

DJPU mempunyai tugas yang berkaitan dengan perumusan, pelaksanaan kebijakan dan standardisasi teknis pada bidang pengelolaan utang, yang sudah ketetapan oelh Menteri Keuangan Negara Republik Indonesia.

Banwas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK)

Lembaga ini mempunyai tugas untuk membina, mengawasi dan mengatur  kegiatan pasar modal yang mempunyai fungsi sebagai pelaksanaan dan perumusan kebijakan hingga melakukan standardisasi dalam bidang lembaga keuangan.

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK)

Peluang kerja lulusan STAN selanjutnya mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pelatihan, pendidikan dan penataran keuangan demi meningkatkan sumber daya manusia dalam Departemen Keuangan.

baca juga  Cara Masuk STAN Tahun 2019

Pelatihan dan pendidikan yang akan diselenggarakan oleh badan ini bisa pula diikuti oleh peserta dari luar lingkungan kementerian keuangan misalnya pejabat atau pegawai BUMN hingga BUMD dan berbagai instansi pemerintah lainnya.

Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara

Staf ahli bidang pengeluaran negara mempunyai tugas untuk melakukan analisis hingga merekondasikan semua hal yang berhubungan dengan pengeluaran negara Indonesia.

Staf Ahli Bidang Hubungan Ekonomi Keuangan Internasional

Staf ahli bidang hubungan ekonomi keuangan internasional mempunyai tugas sebagai analisis yang berhubungan dengan bidang hubungan ekonomi keuangan internasional.

Staf Ahli Bidang Pengembangan Pasar Modal

Staf ahli bidang pengembangan pasar modal mempunyai tugas untuk memberikan analisis dan rekomendasi yang berhubungan dengan pengembangan pasar modal.

Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP)

Peluang kerja lulusan STAN selanjutnya mempunyai tugas dalam penilaian publik, penyiapan rumusan kebijakan bidang pembinaan profesi akuntan publik hingga pengawasan dan pengembangan jasa akuntan publik dan penilai publik, hingga penyajian informasi akuntan beserta penilai publik yang sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh menteri keuangan.

Ditjen Perbendaharaan (DJPb)

DJPb ini mempunyai tugas dalam hal penentuan kebijakan bidang perbendaharaan negara hingga inventarisasi kekayaan negara yang sesuai dengan ketetapan menteri beserta undang undang yang berlaku di Indonesia.

Seperti itulah penempatan peluang kerja lulusan STAN yang sesuai dengan program dan jurusan studi yang telah ditempuh selama perkuliahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *