Kriteria dan Syarat Masuk STAN

Kriteria dan Syarat Masuk PKN STAN

Kriteria dan Syarat Masuk STAN – STAN atau PKN STAN  merupakan perguruan tinggi negeri yang diminati oleh sebagian besar lulusan SMA/MA sederajat karena memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan perguruan tinggi negeri lainnya. Selain biaya kuliah gratis, setelah lulus dari STAN dipastikan akan bekerja menjadi PNS dengan gaji tiga kali lipat lebih besar dari PNS biasa. Oleh karena itulah mendekati pembukaan pendaftaran mahasiswa baru maka banyak sekali orang yang mencari informasi tentang kriteria dan syarat masuk STAN.

Informasi mengenai syarat dan kriteria masuk STAN ini banyak dicari oleh para calon pendaftar untuk mempersiapkan diri agar lebih matang dalam menghadapi USM STAN nantinya. Perlu Anda ketahui, dari sekitar 4000 mahasiswa/mahasiswi yang dibutuhkan oleh pihak STAN, ada sekitar 100 ribu pendaftar yang berminat. Bisa Anda bayangkan betapa ketatnya persaingan yang harus dihadapi untuk bisa masuk ke sekolah tinggi di bawah naungan Kementerian Keuangan ini.

Kriteria dan Syarat Masuk STAN

Kriteria dan Syarat Masuk STAN

Sekolah tinggi yang didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI nomor 45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI nomor 12 Tahun 1967 dan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No.1/PMK/1977 tertanggal 18 Februari 1997 ini memiliki kriteria dan syarat khusus bagi calon mahasiswa/mahasiswi nya. Hal ini dikarenakan setelah lulus dari STAN, mahasiswa diharapkan bisa turut serta membangun negeri melalui ilmunya.

Lulus SMA atau Sederajat

Kriteria pertama yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa STAN adalah sudah lulus SMA atau sederajat dan berumur maksimal 20 tahun pada tanggal 1 September 2017. Sedangkan batas minimal umur pendaftar STAN adalah 17 tahun. Semua calon mahasiswa STAN harus belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di sekolah tinggi negeri ini.

baca juga  Cara masuk STAN Medan Khusus Pendaftar Perempuan

Nilai Minimal 70,00 atau 2,80

Kriteria dan syarat masuk STAN berikutnya adalah lulus dengan nilai rata-rata minimal 70,00 dari skala nilai 100,00 dan minimal 2,80 dari skala nilai 4,00. Peserta calon mahasiswa STAN harus melampirkan nilai rapor selama 5 semester, yakni semester gasal dan genap kelas X dan juga kelas IX, serta nilai semester gasal kelas XII.

Surat Keterangan Sehat

Pastikan juga sebelum mendaftar STAN Anda harus dalam keadaan sehat baik jasmani dan rohani dengan melampirkan surat keterangan sehat dari dokter. Dalam surat keterangan tersebut harus terlampir bahwa yang bersangkutan bebas dari psikotropika, narkotika dan bahan-bahan adiktif lainnya. Kriteria dan syarat masuk STAN selanjutnya adalah tidak cacat badan, tidak buta warna dan jikalau menggunakan kaca mata atau lensa kontak minus dan kontak plus serta silindris tidak boleh lebih dari 2 dioptri.

Membayar Biaya Pendaftaran

Untuk biaya pendaftaran USM STAN sebesar Rp.250.000 dan bisa dibayarkan melalui Bank Mandiri baik melalui transfer ATM, Teller, internet Banking ataupun Mobile Banking. Pembayaran pendaftaran ini harus sesuai dengan nomor MVA Bank Mandiri yang terlampir dalam Bukti Pendaftaran Online tiap peserta.

Dokumen Wajib

Setelah memenuhi kriteria dan syarat masuk STAN, Anda juga wajib memenuhi dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat verifikasi berkas diantaranya seperti BPO (Bukti Pendaftaran Online) yang disertai materi sebesar Rp.6.000, fotokopi identitas diri pada rapor bagi lulusan 2017 dan fotokopi ijazah bagi lulusan 2016 ke bawah di balik lembar BPO. Dokumen asli rapor (lulusan 2017) dan ijazah (lulusan 2016 ke bawah) juga harus dipenuhi.

Foto terbaru maksimal 3 bulan terakhir yang berwarna sebanyak 3 lembar ukuran 4 x 6 dengan latar belakang merah menggunakan kemeja putih. Sertakan juga bukti pembayaran dalam bentuk print out berupa struk ATM, hasil cetak internet banking ataupun slip setoran. Yang terakhir adalah bukti diri dengan berfoto sesuai keterangan pada BPO.

baca juga  Cara Masuk Universitas STAN Jakarta

Saat USM STAN berlangsung, peserta ujian wajib membawa PBU (Bukti Peserta Ujian) yang sudah disahkan saat verifikasi berkas. Bukti diri juga harus dibawa ketika ujian berlangsung.

Tips Masuk STAN

Setelah mengetahui kriteria dan syarat masuk STAN, yang tidak kalah penting dan harus Anda ketahui adalah bagaimana bisa mengalahkan para pesaing Anda saat USM STAN. Tips pertama untuk bisa masuk STAN adalah mempersiapkan diri dengan matang. Persiapan tersebut adalah dengan cara belajar jauh-jauh hari sebelum ujian berlangsung. Mengerjakan soal-soal ujian tahun sebelumnya merupakan salah satu cara untuk mengetahui seberapa sulit ujian yang harus Anda hadapi nanti.

Menjelang ujian, buku latihan ini bisa dengan mudah Anda jumpai di toko-toko buku. Bahkan di toko online saat ini sudah banyak sekali buku latihan ujian saringan masuk STAN.

Namun jika ingin hasil maksimal, ikuti bimbel USM STAN yang mampu memberikan garansi agar peluang Anda masuk STAN semakin tinggi. Jika Anda masih bingung menentukan bimbel dalam mempersiapkan USM STAN, www.garansimasukstan.co.id merupakan satu-satunya bimbel STAN yang sudah berdiri sejak 20 tahun lalu sehingga sudah terbukti mampu mengantarkan para peserta bimbel lulus USM STAN. Persiapkan diri Anda dengan memenuhi kriteria dan syarat masuk STAN serta mengikuti bimbel yang tepat.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *