Jurusan STAN – Memasuki akhir masa SMA, maka setiap calon lulusan sudah membidik perguruan tinggi favoritnya, tidak terkecuali sekolah kedinasan. Ini sekolah yang dibiayai oleh pemerintah dan menjanjikan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) setelah lulus, STAN menjadi salah satu favorit setiap lulusan SMA. Bahkan kini ada beberapa jurusan di STAN yang menjadi favorit setiap pendaftar, ini terlihat dari jumlah pemilih setiap tahunnya.

Memang Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN membuka empat jurusan dengan sepuluh program studi, mulai dari kelas Diploma Satu (DI), Diploma Tiga (DIII) dan Diploma Empat (DIV). Memang pada akhirnya setiap mahasiswa akan di juruskan oleh pihak PKN STAN, namun jika jurusan pilihan awal dalam pendaftar sudah memenuhi nilainya, maka siswa akan masuk sesuai pilihan pertama.

Jurusan di STAN

Hal inilah yang membuat munculnya jurusan di STAN terfavorit, ini terjadi dan berulang setiap tahunnya, bahkan jurusan favorit memiliki jumlah kuota mahasiswa terbanyak. Memang kebanyakan datang dari jenjang DIII dengan jarak tempuh studi 3 tahun lamanya, ini memberikan peluang lebih banyak untuk setiap pendaftar. Bahkan memberikan persentase diterima tertinggi, sehingga jangan abaikan setiap jurusan yang dipilih nantinya.

Informasi Lengkap 4 Jurusan di STAN Favorit Pendaftar

Akuntansi

Ini merupakan jurusan paling favorit di STAN, bagaimana tidak jika kuota yang ditawarkan sangat banyak. Bahkan akan ditemukan lebih banyak perempuan, dimana jurusan Akuntansi memiliki dua program studi. Akuntansi untuk DII dan Akuntansi untuk DIV, ditetapkan sebagai jurusan di STAN paling favorit karena hampir setengah pendaftar memilih dua program studi tersebut.

Akuntansi memang jurusan faforit karena bisa ditempatkan di semua lini kementerian keuangan, ini tentu memberikan peluang lebih tinggi. Bahkan bisa kembali ke daerah asal pendaftar, inilah yang dijadikan pertimbangan utama. Karena memang kebanyakan mahasiswa STAN berasal dari luar Jawa yang menjadi perwakilan terbaik (putra daerah) yang ingin kembali ke asalnya.

Selain itu jurusan Akuntansi juga menawarkan dua program studi dengan jenjang lama pendidikan yang berbeda, dimana untuk DIV dalam PKN STAN akan setara dengan Strata Satu (S1). Sehingga setelah bekerja di instansi pemerintah mendapatkan jabatan yang cukup tinggi, sehingga tidak salah jika jurusan DIV Akuntansi jadi pilihan utama pendaftar.

Kebendaharaan Negara (DI)

Banyak pendaftar laki-laki yang lebih memilih program studi dengan jenjang pendidikan pendek saja, untuk Diploma Satu hanya perlu menempuh pendidikan selama satu tahun, setelah itu sudah mulai magang dan dilakukan pengangkatan sebagai PNS resmi. Sehingga jangan heran jika jadi jurusan di STAN terfavorit para laki-laki, karena memang 90 persen setiap kelasnya adalah para pria.

Dalam jurusan kebendaharaan negara, akan menjurus pada setiap dana yang masuk dan keluar. Jenjang pendidikan yang singkat dan banyak diminati, sudah jelas akan terjadi persaingan cukup ketat. Bahkan, setelah lolos dalam tahap pertama, bisa jadi terjadi persaingan sendiri bagi pendaftar yang berada dalam jurusan pilihan yang sama.

Namun tenang saja, setiap pendaftar yang memiliki program studi ini akan di seleksi ulang dari pihak PKN STAN. Dimana setiap pendaftar yang diterima dalam USM PKN STAN, akan ditentukan dari hasil tes tertinggi sehingga ditempatkan dalam jurusan yang sesuai. Ini akan memberikan kemudahan dalam pembelajaran, sekaligus memberikan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan.

Kebendaharaan Negara (DIII)

Masih dalam jurusan yang sama yaitu kebendaharaan negara namun dengan jenjang DIII. Ini akan memakan waktu 3 tahun studi, dimana akan ditemukan banyak perempuan dalam program studi tersebut. Ini bisa jadi pilihan tepat saat memilih satu dari tiga program studi dalam pendaftaran, persaingan juga tidak terlalu ketat karena jenjang pendidikan standar dalam PKN STAN.

Bahkan bagi lulusan cumlaude bisa mendapatkan kebebasan memilih tempat penempatan kerja setelah lulus magang, ini jadi kesempatan bagi putra daerah untuk kembali ke asalnya dan bisa mengembangkan daerah agar setara dengan daerah pusat. Selain itu, bagi lulusan terbaik juga bisa memilih kantor kerja dengan jabatan yang cukup tinggi di awal mulai bekerja.

Manajemen Aset

Ini calon PNS yang akan mengelola semua aset negara, mulai dari yang bergerak hingga tidak bergerak. Bahkan bisa melakukan penjualan, penawaran hingga pembelian aset negara. Memilih program studi manajemen aset akan menempuh pendidikan dengan jangka 3 tahun dan gelar akhir DIII, paling banyak ditemukan wanita dalam jurusan PKN STAN.

Sehingga jangan heran jika jadi jurusan di STAN yang paling banyak diminati wanita, memang inilah kelebihan utama dari perempuan, yaitu ketelitian. Mahasiswa manajemen aset harus sangat teliti dan jeli melihat setiap aset negara, mana yang bisa memberikan keuntungan dan menguntungkan bagi negara nantinya. Selain itu, harus bisa menjaga setiap aset negara agar tidak berada di tangan asing.

Sekarang sudah tahu dan tidak lagi bingung bukan untuk memilih jurusan di STAN, memang memilih jurusan favorit memberikan keuntungan tersendiri. Namun harus siap dengan persaingan ketat yang muncul, apalagi untuk jenjang DI yang menjadi favorit setiap pendaftar laki-laki, karena hanya menempuh pendidikan satu tahun sudah diangkat sebagai PNS.