Jadwal Verifikasi Berkas STAN – Semua orang sudah menantikan kapan dibukanya pendaftaran STAN, setelah berhasil mendaftarkan diri secara online, maka harus lihat kapan jadwal verifikasi berkas STAN. Inilah yang tidak diperhatikan dan membuat peserta gugur tanpa melewati tahapan tes tertulis, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN memang tidak hanya menyelenggarakan pendaftaran secara online.

Namun juga tetap ada tahapan verifikasi data secara otentik dengan datang langsung di kantor perwakilan STAN di setiap daerah, ini akan lebih mudah dari pada datang langsung ke Jakarta dimana kampus STAN berada. Setelah dinyatakan sukses mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa STAN 2018, maka akan dijadwalkan kapan melakukan tahapan verifikasi selanjutnya.

Jadwal Verifikasi Berkas STAN

 

Bahkan setiap peserta boleh memilih sendiri dimana lokasi verifikasi data, misalkan mendaftarkan diri di Jakarta, bisa melakukan verifikasi data di Semarang dan melakukan tes di kota tersebut. Inilah kemudahan yang ditawarkan PKN STAN, asalnya mengikuti jadwal verifikasi berkas STAN dalam jatuh tempo yang sudah ditentukan.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Jadwal Verifikasi Berkas STAN

Kapan Tanggal Verifikasi yang Ditentukan PKN STAN

Sekarang hampir setiap pendaftar sudah tahu, jika ada ketentuan jadwal verifikasi berkas STAN, namun tidak ada yang memperhatikan kapan verifikasi data Anda harus dilakukan. Memang dalam verifikasi data STAN tidak dilakukan dalam satu hari, apalagi untuk daerah dengan jumlah pendaftar hingga ratusan ribu.

Namun sebaiknya perhatikan kapan hari dan tangga verifikasi data Anda harus dilakukan, ternyata sekarang ini berbeda setiap pendaftar. Hal ini memang sengaja dilakukan oleh pihak Ujian Saringan Masuk USM) PKN STAN untuk menghindari antrean panjang, dimana sebelumnya banyak pendaftar yang mengalami pingsan karena antrean terlalu panjang.

Pembagian jadwal setiap peserta memang sengaja berbeda, ini sudah bisa dilihat setelah melakukan pembayaran bank dan membuka log (kunci) dalam pendaftaran online. Sangat penting untuk mengikuti tahapan verifikasi data, pasalnya kartu pendaftar tidak akan mendapatkan stempel resmi yang sangat menentukan apakah boleh mengikuti ujian tes tertulis.

Apa Saja Berkas yang Harus Dibawa Dalam Verifikasi

Setelah mengikuti kapan tanggal verifikasi berkas, maka perhatikan pula apa saja yang perlu dibawa dan dikumpulkan dalam verifikasi data tersebut. Dimana bisa dinyatakan gugur sebelum mengikuti tes tertulis karena tidak sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan pihak PKN STAN, pastikan sudah membawa semua data yang ditentukan.

Selain itu, mengikuti setiap alur verifikasi data, ini akan memudahkan Anda sendiri sebagai pendaftar PKN STAN 2018. Dimana akan mendapatkan sesuai hak peserta dan sudah membayarkan biaya pendaftaran melalui beberapa bank yang ditunjuk, inilah yang jadi penentu kelulusan nantinya. Dimana semua peserta diwajibkan untuk melakukan verifikasi data, jika ingin di tahapan selanjutnya, yaitu tes tertulis.

Perhatikan Detail Kecil Dalam Verifikasi

Selain memperhatikan kapan jadwal verifikasi berkas STAN, maka harus dilihat juga ketentuan dalam verifikasi data tersebut. Biasanya akan diminta untuk membawa stop map dengan warna sesuaiĀ  jurusan dan jenis kelamin, ini akan memudahkan panitia dalam input data. Karena bisa jadi Anda lolos masuk tes tertulis namun karena salah penempatan jurusan maka dinyatakan tidak lolos.

Hal kecil semacam ini harus dihindari agar tidak gugur sebelum menempuh tes tertulis, dimana ada beberapa peserta yang nekad mendaftarkan diri padahal sudah jelas tidak memenuhi persyaratan yang diberikan STAN. Maka akan tetap gagal dalam verifikasi data, perhatikan juga tanggal dan waktu verifikasi data, setiap peserta memang berbeda untuk memberikan kenyamanan.

Jawab Semua Pertanyaan Petugas Dengan Tepat

Tidak jarang dalam verifikasi data ada petugas yang akan bertanya pada Anda, seperti kenapa melakukan verifikasi di sini jika mendaftarkan diri di kota lain. Sebaiknya memberikan alasan yang jelas dan tidak berbohong, PKN STAN sangat tidak mentolerir adanya kebohongan karena berpotensi menimbulkan kejahatan lebih besar.

Selain itu, berikan berkas yang sesuai dan jelas. Misalkan jika harus copy data, agar tidak ada kesalahan dalam input data dan kebingungan oleh petugas itu sendiri. Anda tentu tidak ingin tertahan terlalu lama dalam verifikasi data, dimana waktu tunggu sudah sangat panjang. Berikan jawaban yang tepat pada petugas, ini akan memberikan kesan menyenangkan.

Perhatikan Jam Buka Verifikasi Berkas Pendaftaran

Selain memperhatikan kapan jadwal verifikasi berkas STAN, lihat lagi dimana lokasi tempat verifikasi data tersebut, bahkan kapan waktu jam buka gedung tersebut. Pengalaman pendaftar STAN sebelumnya, waktu verifikasi memang sangat panjang dengan jumlah pendaftar membengkak. Untuk itu, akan lebih menyenangkan datang lebih pagi agar selesai lebih cepat.

Kenapa sebaiknya datang di pagi hari? Ini juga memberikan waktu tambahan, jika terjadi masalah dalam verifikasi data. Misalkan terjadi perbedaan ejaan nama dalam ijazah dan kartu pendaftar, masih diberikan waktu pada panitia untuk memberikan bukti secara langsung. Jika tidak ingin gagal dalam pendaftaran STAN 2018.

Setiap pendaftar wajib memperhatikan kapan jadwal verifikasi berkas STAN, ini merupakan seleksi tahapan pertama sebelum tes tertulis. Jika tidak lolos dalam verifikasi bahkan bisa dinyatakan gugur, ini semua untuk kebaikan bagi setiap pendaftar, bahkan perhatikan tanggal verifikasi karena kini setiap pendaftar mendapatkan porsi waktu berbeda untuk mengumpulkan berkas pendaftaran.