Cara Sukses Masuk STAN – Bisa dipersiapkan sejak jauh hari untuk semakin mempermudah dalam mengikuti seluruh proses seleksi. Tahapan seleksi untuk masuk STAN terdiri dari empat tahapan yaitu tahap seleksi tertulis, tes fisik atau kebugaran, tes wawancara dan tes assestment.

Setiap tahapan bisa menjadi seleksi dengan tahapan yang sangat berat sebab pada seluruh tahapan bisa berpotensi untuk gugur dari seleksi masuk STAN. Dimulai dari tahapan yang pertama atau tes tertulis sudah sangat berbahaya bagi peserta calon seleksi. Paling tidak, dalam tes ini ada 95% peserta yang gugur.

 

Bukan hanya pada tahapan pertama atau awal saja, tahapan berikutnya pada tes seleksi masuk STAN juga tetap berpotensi menjadi satu tahapan yang bisa sangat menggugurkan bagi calon peserta. Melihat begitu kecilnya peluang tentu membuat Anda yang ingin mendaftar ke STAN harus mau untuk mempersiapkan diri sedini mungkin.

Cara Sukses Masuk STAN

Cara Agar Memiliki Peluang Lebih Besar Masuk STAN

Lengkapi Syarat dan Administrasi

Cara sukses masuk STAN akan menjadi lebih mudah jika sudah mempersiapkan segala syarat baik itu syarat umum ataupun administrasi dengan baik. Syarat-syarat ini juga harus merupakan syarat asli dan bukan data palsu sebab jika ketahuan merupakan data palsu akan membuat calon peserta di diskualifikasi.

Segala macam administrasi juga harus dipersiapkan dengan baik sehingga membuat Anda bisa benar-benar mendapatkan masuk ke STAN. Dimulai dari pendaftaran hingga verifikasi data seluruhnya harus melalui tahapan yang baik dan maksimal. Kemudian selanjutnya tahapan seleksi masuk juga harus dihadapi dengan baik dan dengan cara yang benar jika memang ingin masuk ke STAN.

Cara Lolos Tahapan Tes Tertulis

Seleksi masuk STAN terdiri dari 4 tahap tes dan tes tertulis adalah tahapan yang pertama dan paling menyita banyak peserta. Oleh karena itulah cara sukses masuk STAN harus dimulai dari mempersiapkan diri supaya lolos tes tertulis.

Tes tertulis ini terdiri dari dua jenis soal dengan jumlah 180 soal. 180 soal tersebut terdiri dari jenis soal TPA atau tes potensi akademik sebanyak 120 soal dan TBI atau Tes Bahasa Inggris berjumlah 60 soal. Waktu pengerjaannya juga sangat terbatas tes TPA hanya diberi waktu 100 menit dan TBI hanya diberi waktu pengerjaan sebanyak 50 menit saja.

Melihat sangat singkatnya waktu yang diberikan maka yang perlu menjadi bahan pertimbangan selain dari segi pengetahuan juga dari pengaturan manajemen waktu. Dalam pengerjaan soal tersebut peserta akan diberi dua waktu yaitu waktu pertama untuk waktu pengerjaan TPA dan yang kedua adalah pengerjaan waktu untuk TBI. Jika belum diberikan maka peserta tidak boleh mengerjakan soal TBI terlebih dahulu.

Ketika mengerjakan soal peserta tidak diperbolehkan oleh panitia untuk keluar ruangan sehingga segala kebutuhan harus dipersiapkan sebelum peserta masuk ke ruang ujian. Cara sukses masuk STAN ini sangat penting sebab jika tidak dipersiapkan sejak awal nanti bisa mengganggu konsentrasi saat pengerjaan soal.

Cara untuk bisa lolos dari seleksi tes tertulis ini juga bisa diatasi dengan cara mengerjakan bagian-bagian soal yang mudah terlebih dahulu. Jika hanya menghabiskan waktu untuk satu soal terlalu berlama-lama nanti justru hanya akan membuang waktu secara sia-sia saja. Paling tidak usahakan untuk bisa menjawab dengan benar 40 soal TPA dan 20 soal TBI.

Ketahui bagian soal manakah yang memang menggambarkan kemampuan atau karakter Anda. Misalnya jika lebih senang tentang soal hitung-hitungan maka usahakan untuk mengerjakan soal dengan tipe hitungan terlebih dahulu. Hal ini juga untuk menghindari menghabiskan waktu hanya dengan satu soal saja.

Cara sukses masuk STAN yang paling mudah terutama untuk tes tertulis ini adalah harus memiliki banyak pengetahuan dan juga gudang soal STAN yang Anda miliki. Berlatih mengerjakan soal-soal seleksi STAN dari tahun-tahun sebelumnya bisa menjadi satu rumusan yang membantu untuk terbiasa dengan jenis soal STAN yang terbaik.

Cara Lolos Tes Fisik Kebugaran STAN

Kebugaran dan kesehatan bahkan menjadi satu syarat khusus yang harus dilengkapi oleh calon peserta seleksi. Tes kebugaran ini akan dilakukan dengan memberikan perintah pada calon peserta supaya melakukan lari dengan durasi waktu tertentu di lapangan. Tanpa adanya kondisi fisik yang bugar dan fit maka tes ini akan menjadi tes yang berat dan membuat banyak peserta tidak lolos.

Cara Lolos Tes Wawancara

Tes wawancara juga menjadi satu hal penting sebagai penentu masuk atau tidaknya Anda ke STAN. cara sukses masuk STAN supaya lolos ke tahapan berikutnya hingga diterima di STAN adalah berlatih secara rutin untuk berbicara dihadapan umum.

Selanjutnya untuk cara sukses masuk STAN supaya bisa lolos semua tahapan seleksi adalah dengan mengikuti program yang ada di bimbel STAN terbaik garansimasukstan.co.id. Anda bisa berlatih dan mendapatkan bimbingan berbagai jenis soal terbaik untuk dikerjakan.