Cara Pendaftaran STAN Tahun 2018 – Sebentar lagi pendaftaran STAN pada tahun 2018 akan segera dibuka. Perlu mengetahui tentang cara pendaftaran STAN tahun 2018 supaya segala proses seleksi masuk ke STAN menjadi lebih cepat dan bisa diterima.

STAN yang merupakan salah satu perguruan tinggi dengan jenjang karir menjanjikan memang membuat begitu banyaknya peserta yang ingin masuk ke perguruan tinggi ini. Perlu persiapan matang mulai dari syarat, alur pendaftaran hingga proses seleksi yang benar untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Jangan sampai ada satu langkah pun yang tertinggal karena akan menyebabkan proses tidak berjalan. Cara pendaftaran STAN tahun 2018 bisa dipersiapkan dengan menyiapkan syarat, berkas kemudian bersiap untuk mengikuti berbagai jenis tes masuk seleksi STAN. Semua perlu persiapan matang, sebab seperti yang kamu ketahui, ada banyak sekali saingan untuk dapat masuk ke universitas favorit ini.

cara pendaftaran STAN tahun 2018

Ketahui Langkah Ini Untuk Bisa Masuk ke STAN

Syarat Pendaftaran STAN

Ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi terlebih dahulu ketika akan mendaftar ke STAN. Berbagai syarat pendaftaran ini terbagi menjadi dua jenis yaitu syarat khusus dan syarat umum. Kedua hal ini harus dilengkapi sebagai syarat untuk bisa melaju sebagai beragam syarat untuk cara pendaftaran STAN tahun 2018.

Syarat pertama yang harus dilengkapi untuk bisa melakukan pendaftaran untuk STAN adalah harus lulusan dari Sekolah Menengah Atas. Paling tidak untuk pendaftaran di tahun 2018 calon pendaftar harus lulusan tahun 2017 dan tahun 2018. Untuk pendaftar lulusan tahun 2017 harus menggunakan ijazah sedangkan untuk yang lulusan tahun 2018 bisa hanya menyertakan SKHUN saja.

Selanjutnya untuk calon pendaftar harus memiliki nilai rata-rata rapor minimal 70,00 dengan skala 100,00 dan nilai minimal 2,80 jika menggunakan skala 4,00. Nilai tersebut harus didapat pada 5 semester pada semester gansal dan genap di kelas X, XI dan kelas gasal untuk kelas XII. Sedangkan untuk nilai di ijazah harus memiliki nilai rata-rata minimal 70,00 dengan skala nilai 100,00.

Umur juga menjadi salah satu syarat yang harus diperhatikan. Bagi calon pendaftar harus memiliki umur minimal 16 tahun dan maksimal berusia 20 tahun pada saat cara pendaftaran STAN tahun 2018. Cara menghitung umur berdasarkan dari tanggal lahir yang tercantum pada ijazah.

Calon pendaftar juga harus memiliki kondisi tubuh, fisik dan mental yang sehat. Peserta harus terhindar dari mengonsumsi alkohol, obat-obatan berbahaya ataupun narkoba. Kesehatan ini harus dibuktikan dari surat keterangan dokter. Saat mendaftar dan juga ketika menjalani pendidikan di STAN peserta harus belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah terlebih dahulu sebelum  lulus dari STAN.

Selanjutnya syarat yang harus dilengkapi saat ingin mendaftar ke STAN adalah menyerahkan biaya pendaftar senilai Rp 250.000. Biaya tambahan yang juga harus dibayarkan saat bersamaan dengan penyetoran biaya ini adalah biaya transaksi dari penyetoran biaya pendaftaran yang ditanggung oleh calon pendaftar.

Cara Mendaftar di STAN

Cara pendaftaran STAN tahun 2018 juga melalui beberapa langkah dalam pendaftaran yang harus dipahami dengan baik oleh para calon peserta seleksi. Pendaftaran dilakukan secara online yang kemudian nantinya dilanjutkan seleksi administrasi dan kemudian ujian tertulis. Untuk mendaftar pertama-tama lakukan registrasi melalui portal panitia penyelenggara.

Kemudian selanjutnya mengisi formulir pendaftaran online yang dilakukan melalui portam PMB PKN STAN. Baru selanjutnya melakukan penyetoran pendaftaran dan verifikasi berkas yang sudah diisikan. Saat melakukan verifikasi calon peserta harus datang sendiri untuk melakukan pengecekan serta menunjukan beberapa berkas sesuai dari data yang sudah diisikan.

Jika sudah beres melakukan verifikasi maka selanjutnya ke tahap pengambilan BPU atau Bukti Peserta Ujian. Kartu ini nantinya digunakan untuk melaksanakan ujian tertulis dan pembagian tempat lokasi ujian Tahap I atau tes tertulis. Pembagian lokasi ujian untuk cara pendaftaran STAN tahun 2018 akan diberikan pada portal yang nanti akan ditunjukan oleh panitia.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran yang perlu disiapkan untuk mendaftar ke STAN adalah sebesar Rp 250.000. Pembayaran hanya bisa dilakukan pada periode pendaftaran yang sudah ditentukan. Bank yang digunakan biasanya menggunakan Bank Mandiri bisa menggunakan cara setor tunai, ATM, m-banking atuapun internet banking. Perhatikan pada saat membayar harus sudah memenuhi seluruh aspek pada saat daftar online.

Tahapan Seleksi STAN

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para calon seleksi masuk STAN hingga akhirnya berhasil untuk sekolah di STAN. Tahap pertama adalah tahapan seleksi administrasi dimana peserta yang tidak sesuai dan tidak memenuhi syarat akan langsung dianggap gugur pada saat melakukan verifikasi.

Jika sudah lolos verifikasi administrasi kemudian peserta seleksi akan masuk ke tahap kedua yaitu tahap ujian tertulis. Tahap kedua inilah yang menjadi tahapan paling penting karena kebanyakan peserta cara pendaftaran STAN tahun 2018  gagal pada tahap ujian tertulis ini. Namun, Anda dijamin akan bisa masuk ke STAN dan melalui tahapan kedua ini asalkan Anda segera bergabung dengan program garansimasukstan.co.id.