Cara Menghitung Nilai Untuk Masuk STAN – Sangatlah penting. Karena nilai yang digunakan untuk masuk STAN akan berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya calon peserta untuk masuk ke STAN. Nilai mimimal yang harus dimiliki oleh calon peserta STAN yaitu 70,00 dengan skala 100,00. Jika calon peserta memiliki nilai kurang dari 70,00 maka akan dianggap gugur mengikuti ujian STAN.

Inilah Cara Menghitung Nilai Untuk Masuk STAN

Cara Menghitung Nilai

Cara menghitung nilai untuk masuk STAN yang benar adalah masukan jumlah pelajaran yang tertera pada rapor pada setiap semester. Jika perhitungan nilai rapor ada di aplikasi, maka peserta berhak untuk memilih apakah akan menggunakan skala 0-100,00 atau akan menggunakan skala 0-4,00.

Namun bagaimana jika peserta memilih untuk menggunakan skala dari keduanya sebagai cara menghitung nilai untuk masuk STAN. Misalkan semester I-III menggunakan skala 0-100,00 dan semester IV-V menggunakan skala 0-4,00.

cara menghitung nilai untuk masuk STAN

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perhitungan untuk nilai tiap semester harus menggunakan skala yang sama apakah akan menggunakan nilai dengan skala 0-100,00 atau menggunakan skala 0-4,00.

Silahkan Anda meminta dokumen resmi dari sekolah masing-masing dengan menyesuaikan skala nilai yang akan dipilih pada rapor aplikasi. Jika Anda memilih skala 0-100,00 pada aplikasi, maka dokumen resmi yang harus diminta dari sekolah masing-masing yaitu berisi nilai dalam skala 0-100,00 untuk semester IV-V.

Hal tersebut juga berlaku untuk skala 0-4,00 pada rapor aplikasi. Jika Anda menggunakan skala tersebut, maka dokumen resmi yang harus dimiliki yaitu nilai dalam skala 0-4,00 untuk semester I-V.

Jadi nilai yang harus dimiliki oleh calon peserta yang ingin mengikuti pendaftaran STAN harus memiliki nilai rata-rata minimal 70,00. Jika nilainya kurang dari 70,00 maka akan dianggap gugur.

Panduan Belajar untuk Menghadapi USM STAN

Setelah mengetahui bagaimana cara menghitung nilai untuk masuk STAN maka sekarang saatnya belajar bagaimana agar bisa menghadapi USM STAN. Semua peserta USM STAN tentunya ingin lolos untuk masuk STAN. Bagi peserta USM STAN harus sering latihan untuk mengerjakan soal USM STAN seperti latihan mengerjakan Tes Potensi Akademik (TPA).

Dalam TPA, ada beberapa soal yang berkaitan dengan sinonim, antonim, analogi dan untuk bagian matematika dasarnya yaitu berkaitan dengan statistik, aritmatika dasar, soal penalaran cerita, dan lain-lain. Semua materi tersebut harus sering dipelajari untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi USM STAN. Anda bisa belajar menggunakan buku persiapan USM STAN.

Dalam buku tersebut sudah ada rangkuman materi pada setiap bagian / topik. Maka pahamilah pelajaran yang ada di buku tersebut. Setelah itu, Anda diwajibkan untuk belajar Bahasa Inggris. Karena banyak peserta USM STAN yang tidak lolos karena tidak memiliki kemampuan dalam Bahasa Inggris.

Saat mengerjakan soal Bahasa Inggris di USM STAN maka Anda akan bertemu dengan 3 model soal Bahasa Inggris yaitu Grammar (tata bahasa), Error Correction (mencari kesalahan), dan Reading (membaca teks). Dari ketiga model soal Bahasa Inggris tersebut, sebaiknya Anda fokus untuk mempelajari grammar dan error corection. Karena kedua bagian tersebut merupakan bagian yang paling susah.

Anda bisa membeli buku TOEFL untuk membantu memudahkan belajar kecakapan Bahasa Inggris Anda. Buku TOEFL bisa Anda beli di toko buku terdekat. Saat mengerjakan USM STAN, pilihlah soal yang Anda anggap mudah minimal 25 soal Bahasa Inggris yang menurut Anda jawabanya sudah benar. Lewati soal-soal sulit dan kerjakan soal yang menurut Anda mudah untuk dikerjakan.

Tips Mengerjakan USM STAN

Setelah mengetahui cara menghitung nilai untuk masuk STAN dan belajar untuk memahami soal USM STAN, maka sekarang saatnya Anda belajar tips mengerjakan USM STAN. Sebelum mengerjakan USM STAN, hal yang harus Anda ingat yaitu poin pada setiap soal USM. Jika benar maka poin +4, jika salah poin -1, dan jika benar poin 0.

Jika Anda tidak tahu jawaban dari soal USM STAN, maka sebaiknya kosongi saja jawabanya. Karena jika Anda menjawab salah, maka poin akan berkurang. Namun jika Anda memiliki naluri jawaban yang benar maka pilihlah jawaban tersebut. Prioritaskan soal yang Anda anggap mudah terlebih dahulu. Jika ada waktu yang lebih baru kembali untuk mengerjakan soal yang sulit.

Jangan pernah melakukan kecurangan saat mengerjakan USM STAN. Karena saat Anda ketahuan melakukan kecurangan maka akan dianggap gugur mengikuti USM dan langsung di DO.

Saat waktu mengerjakan USM STAN tinggal 10 menit, maka cek kembali jawaban Anda, apakah sudah dilingkari pada lembar jawaban atau belum.  Yang terakhir yaitu tutup lembar jawaban Anda dan pasrahkan kepada Sang Illahi. Semoga hasil Anda tidak mengecewakan.

Demikian ulasan singkat tentang cara menghitung nilai untuk masuk STAN yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi semua peserta yang akan mengikuti USM STAN. Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dan lebih lengkap bisa Anda buka di garansimasukstan.co.id.