cara mendaftar STAN secara online

Cara Mendaftar PKN STAN Secara Online

Cara Mendaftar STAN Secara Online – STAN adalah singkatan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. Untuk menjadi mahasiswa STAN syaratnya tidak mudah karena setiap tahunnya peminatnya semakin bertambah. Anda bisa saja melakukan pendaftaran STAN secara online. Cara mendaftar STAN secara online bisa Anda lakukan di web resmi milik STAN.

cara mendaftar STAN secara online

Cara mendaftar STAN secara online dan Syarat untuk Masuk STAN

Cara Mendaftar STAN

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mendaftar STAN secara online. Cara mendaftar STAN secara online adalah sebagai berikut :

  1. Registrasi dan pemilihan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) PKN STAN dilakukan melalui portal Panselnas.
  2. Mengisi formulir e-registration atau pendaftaran online melalui portal PMB PKN STAN.
  3. Menyetorkan biaya pendaftaran yang dilakukan di Bank Mandiri.
  4. Verifikasi berkas dan pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU) sesuai jadwal.
  5. Registrasi dan pemilihan PKN STAN dilakukan melalui web resmi panselnas.id.
  6. Mengisi formulir pendaftaran STAN secara online PMB PKN STAN melalui web resmi pmb.pknstan.ac.id.
  7. Setiap calon peserta yang sudah melakukan pendaftaran STAN secara online dengan benar akan mendapatkan nomor Mandiri Virtual Account (MVA).
  8. Calon peserta yang akan melakukan biaya pendaftaran untuk masuk STAN harus memenuhi syarat sebagai berikut :
  • Pembayaran harus dilakukan sesuai dengan periode yang ditentukan. Pembayaran hanya bisa dilakukan melalui Bank Mandiri yang ada di seluruh kota Indonesia. Pembayaran bisa dilakukan dengan setoran tunai, ATM, internet banking, atau m-banking. Perhatikan tata cara pembayaran pendaftaran STAN di pmb.pknstan.ac.id atau usm.stan.ac.id menggunakan nomor MVA.
  • Sebelum melakukan pembayaran untuk pendaftaran STAN, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa calon peserta telah memenuhi syarat untuk masuk STAN karena jika Anda membayar biaya pendaftaran namun belum memenuhi persyaratan, maka akan dianggap gugur dan biaya yang sudah ditransfer tidak bisa ditarik lagi.
  • Pastikan bahwa calon peserta telah melakukan pengisian formulir pendaftaran STAN secara online (e-registration) dan sudah melakukan pembayaran di bank pada periode penyetoran. Jika sudah melakukan pembayaran, maka setiap calon peserta berhak mengikuti verifikasi berkas dan pengambilan BPU sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  1. Verifikasi berkas dan pengambilan BPU bisa dilakukan sesuai dengan jadwal yang ada di situs kemenkeu.go.id atau di situs www.bppk.kemenkeu.go.id dan bisa juga di situs www.pknstan.ac.id.
  2. Bagi calon peserta wajib melakukan verifikasi berkas dan pengambilan BPU di lokasi dan jadwal yang sudah ditentukan dengan memenuhi syarat yang diperlukan.
  3. Peserta yang tidak memenuhi syarat dan cara mendaftar STAN secara online tidak dilakukan dengan benar maka akan dianggap gugur dan tidak akan dilayani untuk masuk STAN.
  4. Verifikasi berkas dan pengambilan BPU harus dilakukan sesuai dengan pilihan lokasi Ujian Tahap I (TPA dan TBI).
baca juga  Panduan Langkah Masuk PKN STAN

Syarat untuk pengambilan verifikasi berkas dan pengambilan BPU adalah sebagai berikut :

  1. Harus dilakukan oleh calon peserta dan tidak boleh diwakilkan oleh siapapun.
  2. Harus menunjukkan hasil cetak Bukti Pendaftaran online (BPO).
  3. Menunjukkan ijazah asli dan untuk lulusan tahun 2018 yang belum memiliki ijazah asli bisa menunjukkan rapor asli selama 5 semester dengan nilai rata-rata tidak boleh kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  4. Menunjukkan bukti pembayaran pendaftaran STAN secara online dari Bank Mandiri.
  5. Menyerahkan pas foto ukuran 4 x 6 dengan latar belakang warna merah dan mengenakan kemeja putih sebanyak 3 lembar.
  6. Setiap calon peserta harus menunjukkan bukti diri asli berfoto seperti ijazah, rapor dan bukti lainnya.
  7. Setiap calon peserta yang lolos untuk mengikuti ujian tidak berhak untuk mengajukan perubahan lokasi pengambilan verifikasi berkas dan pengambilan BPU.

Biaya Pendaftaran STAN

Setiap calon peserta yang melakukan pendaftaran di STAN wajib untuk membayar biaya pendaftaran STAN melalui seluruh cabang Bank BNI yang ada di seluruh Indonesia. Biaya yang digunakan untuk pendaftaran STAN adalah Rp. 250.000 bisa dilakukan secara setor tunai, ATM, e-Banking, m-Banking dan lainnya dengan ketentuan uang yang sudah ditransfer tidak bisa ditarik kembali.

Pembayaran pendaftaran  STAN harus disesuaikan dengan nomor MVA Bank Mandiri yang ada di BPO (Bukti Pendaftaran Online) dari masing-masing peserta. Karena setiap peserta memiliki nomor MVA yang berbeda dengan peserta lainnya. Nomor MVA biasanya akan didapatkan setelah selesai melakukan cara mendaftar STAN secara online dengan baik dan benar.

Syarat Masuk STAN

Setelah mengetahui bagaimana cara mendaftar STAN secara online, sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja syarat untuk masuk STAN. Untuk mask ke STAN, peserta harus memiliki nilai rata-rata tidak boleh kurang dari 70.00 dengan skala 100.

baca juga  Syarat Masuk Ke PKN STAN

Calon peserta harus berbadan sehat serta bebas dari narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Setiap calon peserta yang akan mendaftar di STAN belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama proses pendidikan di STAN belum selesai.

Demikian uraian singkat tentang cara mendaftar STAN secara online yang bisa Anda ketahui. Semoga postingan ini bermanfaat untuk pembaca khususnya bagi Anda yang ingin masuk ke STAN. Untuk informasi yang lebih jelas lagi bisa Anda baca di web resmi garansimasukstan.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *