Cara Masuk STAN Lewat SNMPTN – Bisa melanjutkan study di universitas ternama di Indonesia yang memiliki tingkat akreditasi yang baik menjadi dambaan banyak calon mahasiswa. Selain jenjang karier yang jelas, atmosfer persaingan dalam dunia pendidikan juga menjadi semangat tersendiri bagi mahasiswa. PKN STAN merupakan salah satu universitas yang menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Hal ini menjadikan cara masuk STAN lewat jalur SNMPTN banyak dicari oleh masyarakat.

Dengan kuliah di STAN ada banyak sekali keuntungan yang diperoleh, seperti beasiswa penuh selama perkuliahan. Dengan biaya kuliah yang gratis ini maka banyak orang yang berlomba-lomba untuk kuliah di STAN. Sehingga persaingan yang sangat ketat tidak bisa dihindarkan. Bahkan setiap tahunnya jumlah pendaftar PKN STAN selalu bertambah banyak.

Cara Masuk STAN Lewat SNMPTN

Bagaimana Cara Masuk STAN Lewat SNMPTN?

Masuk STAN Lewat Jalur SNMPTN

SNMPTN merupakan salah jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia dengan menggunakan nilai rapor sebagai acuannya. Biasanya siswa lulusan SMA yang memiliki nilai rapor konstan naik lebih mudah diterima oleh universitas tertentu dari pada yang memiliki nilai tetap atau bahkan menurun. Siswa dengan nilai rapor yang naik menunjukkan bahwa ia memiliki kemauan untuk belajar lebih giat lagi untuk bisa memperoleh hasil yang lebih baik.

Maka dari itu, untuk Anda yang ingin masuk universitas negeri di Indonesia melalui jalur SNMPTN sebaiknya lebih giat belajar agar nilai rapor konstan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Sekarang yang menjadi pertanyaannya apakah PKN STAN juga menerima calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN? Jawabannya adalah tidak.

PKN STAN tidak menggunakan jalur SNMPTN atau undangan dalam merekrut calon mahasiswa baru. Adapun satu-satunya jalur penerimaan calon mahasiswa baru di PKN STAN adalah melalui USM STAN. Tentu saja hal ini dapat menjawab pertanyaan orang-orang yang ingin tahu apakah ada cara masuk STAN lewat jalur SNMPTN. Mungkin banyak juga calon mahasiswa yang ingin agar STAN membuka jalur SNMPTN dalam penerimaan mahasiswa baru, namun nyatanya pihak PKN STAN tidak melakukannya.

Tahapan Seleksi Masuk STAN

Universitas negeri atau swasta mana pun yang dituju pasti ada tahapan seleksi yang harus dijalani, kecuali dengan cara masuk STAN lewat jalur SNMPTN. Di PKN STAN sendiri ada empat tahapan tes yang harus dilalui. Setiap tahapan tes tersebut ada peserta yang gugur untuk menyaring peserta yang benar-benar memiliki kualifikasi yang diinginkan.

Peserta yang gugur tersebut dikarenakan tidak memenuhi persyaratan yang diajukan pihak PKN STAN atau bisa juga tidak mencapai nilai minimal yang telah ditetapkan sebelumnya. Karena cara masuk STAN lewat jalur SNMPTN tidak ada maka satu-satunya cara adalah dengan mengikuti jalur USM STAN seperti yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Seleksi Berkas dan Tes Tertulis

Tahapan seleksi yang pertama setelah menyelesaikan pendaftaran adalah mengikuti seleksi berkas atau verifikasi berkas. Di sini peserta harus menyiapkan semua berkas yang tertera pada pengumuman yang disampaikan. Tidak boleh ada yang ketinggalan satu berkas pun. Dengan mengikuti persyaratan yang diberikan melalui situs resmi akan memudahkan Anda menyelesaikan tahap seleksi berkas ini.

Sebenarnya tahap ini menguji tingkat ketelitian yang dimiliki oleh masing-masing peserta. Misalnya saja saat di syarat pendaftaran memberikan informasi jika berkas dilegalisir maka peserta harus membawa berkas yang dilegalisir tersebut. Walaupun sepertinya mudah kenyataannya banyak peserta yang gugur di tahap ini karena kurang cermat saat menerima informasi dari situs resmi.

Sedangkan tahapan setelah seleksi berkas yakni tes tertulis. Tes tertulis yang dimaksud bukan merupakan salah satu cara masuk STAN lewat jalur SNMPTN. Ini merupakan tes tertulis yang ada dalam tahapan USM STAN. Tahapan tes yang kedua ini terdiri dari soal-soal TPA dan Bahasa Inggris.

Tes Fisik dan Tes Kebugaran

Kemudian memasuki tahapan tes yang berikutnya yakni tes fisik dan kebugaran. Sebelum melakukan tes fisik USM STAN sebaiknya lakukan latihan jauh-jauh hari. Agar pada hari H tidak mengalami kelelahan yang berlebihan. Tes fisik dan kebugaran yang dilakukan adalah keliling lapangan selama 12 menit dan melakukan lari angka delapan.

Jika berhasil lolos tes fisik dan kebugaran maka akan melaju ke tahap ujian yang terakhir yakni TKD atau Tes Kemampuan Dasar. TKD memiliki tingkat kesulitan yang cukup menantang, sehingga perlu belajar yang tekun dengan intensitas tinggi.

Jika Anda saat ini masih bertanya-tanya mengapa tidak ada cara masuk STAN lewat jalur SNMPTN jawabannya sudah jelas. Karena PKN STAN merupakan sekolah kedinasan yang lulusannya langsung bekerja di instansi pemerintah, sehingga seleksi yang sangat ketat diperlukan agar mendapatkan bibit yang unggul. Jika Anda sedang mencari lembaga bimbingan belajar yang memiliki kualitas terbaik maka pilihan terbaik adalah di garansimasukstan.co.id. Segera daftarkan diri Anda sebelum kuota yang ada diisi oleh orang lain.