Cara Masuk STAN dan STIS

Tips Unggulan dan Cara Masuk STAN dan STIS

Cara Masuk STAN dan STIS – Menjadi salah satu informasi yang sangat penting dan dicari oleh para lulusan SMA/K dan sederajat yang ingin melanjutkan studi mereka di perguruan tinggi ternama yang ada di Indonesia. STAN dan STIS adalah dua perguruan tinggi yang kerap kali menjadi favorite bagi para pelamar. Kedua perguruan tinggi ini memang sangat diminati karena masih memiliki hubungan kedinasan dengan kementerian terkait sehingga lulusan STAN dan STIS seolah sudah mendapatkan jaminan pekerjaan yang layak.

Cara Masuk STAN dan STIS

Adanya hubungan kedinasan tersebut membuat kedua perguruan tinggi banjir pendaftar setiap tahun. Sebanyak puluhan ribu calon pendaftar rela antre setiap tahun demi memperebutkan kursi yang ada di STAN dan STIS. Tentu, banyaknya pendaftar akan menghasilkan sebuah persaingan yang sengit antar pendaftar. Nah, bagi anda yang memang bermimpi menempuh pendidikan di perguruan tinggi ini, maka penting bagi anda untuk mengetahui cara untuk dapat diterima. Kita akan membahasnya secara detail di bawah ini.

Beragam Informasi dan Cara Masuk STAN dan STIS

Syarat Umum Pendaftar

Salah satu hal yang paling penting terkait cara untuk menjadi mahasiswa baru di STAN dan STIS adalah dengan mengetahui persyaratan umum yang diberlakukan. Kedua perguruan tinggi ini termasuk salah satu yang cukup ketat dengan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar.

Adapun beberapa syarat umum yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  1. Laki-laki atau perempuan lulusan SMA/K atau sederajat dengan semua jurusan tanpa pembatasan
  2. Berusia sekurang-kurangnya 17 tahun dan kurang dari 20 tahun pada saat pendaftaran
  3. Berstatus lajang (belum menikah) dan bersedia untuk tidak menikah selama proses pendidikan
  4. Memiliki nilai rata-rata ujian pada ijazah dan surat kelulusan minimal 7,00 dan bukan merupakan nilai yang didapatkan dari hasil pembulatan
  5. Memiliki badan yang sehat, tidak ada cacat fisik, dan tidak memiliki ketergantungan pada napza atau zat adiktif lainnya
  6. Membayar biaya pendaftaran USM sebesar 250,000 melalui rekening terkait
  7. Bebas dari kasus hukum apapun
  8. Memiliki tinggi badan minimal 165 cm bagi laki-laki dan 155 cm bagi perempuan, khusus untuk jurusan tertentu.
baca juga  Tips Lulus USM PKN STAN 2019

Beberapa syarat di atas merupakan bagian penting dalam cara masuk STAN dan STIS sehingga anda harus mempelajarinya dengan baik dan menyiapkannya sejak jauh hari sebelum masa pendaftaran tiba.

Cara Masuk Perguruan Tinggi

Bagi anda yang bertanya tentang cara masuk STAN dan STIS, kini kita akan menjawabnya. Perlu diketahui sebelumnya bahwa kedua perguruan tinggi ini memiliki hubungan kedinasan dengan lembaga terkait. Hal ini tentu akan berdampak pada cara masuk yang harus anda jalani.

Ada beberapa tahapan dalam cara masuk ke dua perguruan tinggi ini yang tentu saja cukup panjang untuk dijalani. Beberapa tahapan tersebut diantaranya adalah:

  1. Pendaftar melakukan registrasi melewati portal resmi dari Kementerian PAN-RB
  2. Setelah registrasi, pendaftar mengisi formulir pendaftaran secara online melalui website terkait
  3. Pendaftar akan mendapatkan Mandiri Virtual Account yang berguna untuk melakukan pembayaran pada proses pendaftaran
  4. Pendaftar mencetak BPO atau Bukti Pendaftaran Online
  5. Pendaftar akan mendapatkan BPU dan diambil pada jadwal yang sudah ditentukan
  6. Pendaftar melakukan verifikasi terkait dengan ketentuan sebagai berikut:
  7. Pendaftar wajib datang sendiri tanpa diwakili
  8. Menunjukkan print BPO
  9. Memperlihatkan rapor dan ijazah SMA/K asli
  10. Menyerahkan fotokopi rapor selama lima semester yang di legalisasi oleh pejabat terkait
  11. Memperlihatkan bukti pembayaran dari pihak bank
  12. Membawa pas foto terbaru ukuran 4×6 sebanyak 3 buah
  13. Memperlihatkan kartu identitas terkait

Tahapan di atas adalah rangkaian cara masuk STAN dan STIS yang harus anda lakukan demi cita-cita anda melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ternama. Tentu, tahapan tersebut harus dilakukan dengan berurutan.

Tips Sukses Pendaftaran STAN dan STIS

Persaingan yang sangat ketat membuat anda harus menyiapkan segala hal untuk bertempur. Tidak hanya mengetahui cara masuk STAN dan STIS, anda juga sebaiknya mengetahui tips untuk masuk di perguruan tinggi tersebut.

baca juga  Alasan Masuk PKN STAN dan Tips Supaya Lolos

Tips pertama yang harus anda lakukan adalah persiapan fisik. Kedua perguruan tinggi tersebut mensyaratkan tes fisik saat penerimaan. Anda harus memiliki fisik yang kuat dan bugar agar bisa lolos dalam tes tersebut. Selain itu, anda juga sebaiknya mempelajari soal-soal tes tertulis baik dari STAN dan STIS, yang kini sudah tersebar banyak di toko buku. Latihan ini akan membuat anda terbiasa dengan soal buatan STAN dan STIS.

Bagi anda yang membutuhkan bimbingan untuk persiapan, anda bisa bergabung bersama kami di garansimasukstan.co.id. Kami adalah lembaga bimbingan belajar yang akan memberikan bimbingan anda terkait cara masuk STAN dan STIS dengan lebih mudah. Dengan tenaga pengajar yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya, tentu anda akan mendapatkan garansi berharga dari kami, pastikan tidak kecewa dengan berusaha dan berdoa untuk hasil terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *