Cara Cepat Mengerjakan Soal USM STAN – Pada tahun 2018, STAN kembali membuka pendaftaran bagi pelajar lulusan tahun 2017 / 2018.  Sudah seperti yang diperkirakan pastinya akan banyak sekali pelajar yang mencoba peruntungannya di tahun ini.

Siapa yang tidak mau menjadi bagian sekolah dinas yang memfasilitasi sekolah gratis bagi mahasiswanya. STAN yang sejak tanggal 15 Juni 2015 berubah nama menjadi Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Keuangan Negara atau lebih dikenal dengan PKN STAN berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 137/ PMK.01/ 2015.

Walaupun sekolah ini bukan merupakan Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) maupun Perguruan Tinggi Swasta ( PTS ) namun pendaftarnya sangat banyak. Walaupun untuk masuk harus melalui beberapa tahap seleksi. Tidak sedikit yang membutuhkan cara cepat mengerjakan soal USM PTN . Banyak juga tempat-tempat bimbingan belajar yang menyediakan jasa untuk belajar cara cepat mengerjakan soal USM PTN.

Cara Cepat Mengerjakan Soal USM STAN

Peluang menjadi mahasiswa STAN sangat tipis, namun bukan berarti tidak mungkin saat kita mau mencoba.

Beberapa Cara Cepat Mengerjakan Soal USM PTN

Kenali tipe soalnya

USM STAN adalah ujian saringan untuk masuk STAN. Dari puluhan ribu yang mendaftar tidak lebih dari 5% yang akan diterima. Dibutuhkan kematangan dan persiapan yang cukup. Dalam rekrutmen calon mahasiswa ada tiga tahap tes yang harus diikuti, seperti tes tertulis, tes kebugaran dan kesehatan, dan tes wawancara.

Tes tertulis adalah tes awal yang harus diikuti oleh peserta. Ini merupakan tes yang sebagian pesertanya banyak yang gugur. 80% dari jumlah pendaftar biasanya gugur ini tes tahap awal ini. Banyak yang menanyakan bagaimana cara cepat mengerjakan soal USM PTN, sebenarnya tes yang diberikan sama seperti tes pada umumnya. Hanya saja tingkat kesulitan lebih tinggi.

Dibutuhkan percaya diri dalam mengerjakan setiap tes. Tes tertulis terdiri dari soal Tes Potensi Akhir ( TPA ) dan tes dengan bahasa Inggris atau yang lebih dikenal dengan TBI.

Cara cepat mengerjakan soal USM PTN yang harus dikuasai dalam tes tertulis ini yang pertama adalah mengenali jenis soalnya terlebih dahulu. Banyak dijual bebas buku-buku yang berisi soal-soal tes tertulis USM STAN tahun-tahun sebelumnya. Sehingga untuk tahun 2018 ini kamu bisa menyiapkan diri dengan belajar dari soal tes tahun 2017. Tipe soalnya akan sama.

Perkaya diri dengan bacaan

Soal tertulis STAN terdiri dari soal Tes Potensi Akhir atau TPA dan TBI yaitu tes dengan bahasa Inggris. Tes Potensi Akademik terdiri dari kemampuan verbal dan kemampuan kuantitatif. Kemampuan verbal kita akan dihadapkan dengan soal-soal terkait dengan sinonim, antonim, kosa kata, analogi dan bacaan. Jadi kita harus banyak membaca agar kita lebih banyak mengenal kata yang mungkin asing buat kita.

Tes aritmetika sendiri terdiri dari aritmetika, penarikan kesimpulan atau logika dan pola barisan. Sebenarnya tes TPA ini tergolong mudah namun waktu gang terbatas membuat kita kadang gagal dalam mengerjakan. Kita diberikan 120 soal yang harus selesai dalam waktu 100 menit. Setiap soal hanya diberikan waktu 72 detik untuk membaca soal dan mengerjakan.

Kita juga harus menyelesaikan soal TBI. Soal ujian ini selevel dengan TOEFL. Kedua soal ini TPA dan TOEFL memiliki keterkaitan. Seumpama TBI kita bagus namun TPA kita mendapatkan nilai kurang dari 1/3 jumlah soal, maka kita tidak lolos. Begitu juga sebaliknya.

Cara cepat mengerjakan soal USM PTN adalah dengan kita banyak belajar dan latihan soal. Dengan terus berlatih kita akan terbiasa dengan soal-soal yang diberikan. Karena setiap tahunnya soal yang diberikan adalah serupa. Begitu juga prediksi soal untuk tahun 2018. Banyak alumni STAN yang membuka bimbingan belajar masuk perguruan ini.

Jangan putus asa dengan kita terus mencoba dan belajar pastinya akan mudah juga mengerjakan soal yang diberikan. Kita terus berlatih agar bisa cepat mengerjakan soal-soal ini.

Tes kebugaran dan kesehatan

Selain tes tertulis setelah kita dinyatakan lolos kita memasuki tahapan tes selanjutnya. Yaitu tes kebugaran dan kesehatan. Saat tes kesehatan seperti umumnya yaitu kita akan melakukan medical checkup. Seperti cek darah, cek full badan dan cek air kencing. Untuk mengetahui kita pengguna narkoba dan obat-obatan terlarang atau bukan. Dan juga untuk mengetahui sakit apa yang kita derita.

Tes kebugaran, kita disuruh lari sejauh 12 menit. Nanti tim akan melakukan penilaian pada fisik kita.  Sebenarnya tes ini sama seperti tes kesehatan pada umumnya. Yang harus dipertahankan adalah kondisi tubuh. Kalau setiap hari kita terbiasa dengan olahraga dan cara hidup yang sehat kita tidak akan minder ataupun gugup mengikuti tes tahap kedua.

Setelah lolos tes tahap pertama dan kedua kita akan masuk seleksi akhir yaitu wawancara. Di tahap ini panitia seleksi akan menggali potensi dan karakteristik dari calon mahasiswa. Cara cepat mengerjakan soal USM STAN sebenarnya bisa di dapatkan dengan kita yakin kalau kita bisa menaklukkan tes yang diberikan.