Biaya Universitas STAN – Gratis, sekolah dinas ini tidak mengenakan biaya kepada mahasiswanya. Yang dimaksudkan gratis adalah biaya operasional selama kuliah, namun untuk biaya pribadi, seperti biaya makan, biaya tempat tinggal, biaya pulsa, biaya ditanggung oleh mahasiswa.

Sekolah dinas yang ada di Tangerang Selatan, Banten itu sudah ada sejak tahun 1964.  Pendaftaran setiap tahunnya sangat banyak. Meskipun kuota kursi yang disediakan hanya sekitar 4-5% dari total pendaftar. Banyaknya animo masyarakat sangat dipengaruhi oleh fasilitas yang diterima. Salah satunya biaya universitas STAN yang gratis.

Banyak yang sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri untuk mengejar gelar sarjana, melepaskan kesempatannya setelah dinyatakan lolos di sekolah dinas yang bernaung di bawah pemerintah ini. Walaupun di STAN hanya D1 dan D3 namun masa depan dijanjikan saat selesai sekolah di STAN.

Biaya Universitas STAN

Selain Biaya Universitas STAN Gratis, Inilah Alasan Mengapa Memilih STAN

Sekolah yang benar-benar tidak dipungut biaya

Ada beberapa sekolah yang juga mempunyai slogan sekolah gratis. Namun saat kita sudah menjadi bagian di dalamnya kita akan tetap di kenakan beberapa biaya kuliah. Berbeda dengan di STAN, biaya universitas STAN  benar-benar gratis.

Biaya SKS, biaya SPP, biaya ujian, biaya praktikum dan biasanya ada biaya uang gedung semua ditanggung oleh pemerintah. Kita tinggal menyiapkan biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup selama sekolah di sana. Karena STAN tidak menyiapkan tempat tinggal untuk mahasiswa yang sekolah di sana. Jadi kita harus menyiapkan biaya khusus.

Namun, kalau diperhitungkan walaupun kita mengeluarkan biaya untuk hidup, namun sangat beruntung apabila bisa menjadi bagian di sekolah dinas ini. Sekolah elite yang menjanjikan pekerjaan pada setiap alumninya. Sekolah gratis siapa yang akan menolak mendapatkan fasilitas ini, tidak heran kalau pendaftarnya pun sampai ribuan orang yang pernah memecahkan rekor MURI pendaftar sekolah PTN terbanyak.

Modul dan buku yang diberikan cuma-cuma

Biaya universitas STAN benar-benar gratis ya, sampai ada beberapa modul dan buku diberikan secara cuma- cuma. Jadi setiap mahasiswa akan diberikan buku yang sangat tebal yang digunakan dalam proses pembelajaran. Jadi buat mahasiswa tidak perlu pusing mencari buku ke sana ke sini, karena di STAN semua sudah di siapkan.

Apabila kita tidak mendapatkan buku secara gratis, kita bisa meminjam buku di perpustakaan kampus yang tentunya sangat lengkap dan juga tidak perlu membayar ya.

Standar kurikulum

Tidak usah diragukan lagi, standar kurikulum yang diterapkan di sekolah ini, memiliki kurikulum yang sangat tinggi. Walaupun hanya D1 ataupun D3 namun mahasiswanya bisa dibandingkan dengan sarjana-sarjana dari Perguruan Tinggi Negeri lainnya.

Alumni STAN dikenal sebagai orang yang profesional di bidangnya. Mereka mampu bersaing dan disiplin dalam tugas yang diberikan. Oleh karena itu, saat kita mendaftarkan diri sebaiknya kita lihat dahulu kemampuan kita. Di bagian mana yang sesuai dengan pribadi kita. Agar saat pendidikan nanti kita tidak merasa sulit untuk menyesuaikan.

Dapat uang saku

Sudah diberikan fasilitas gratis, masih diberikan uang saku. Siapa yang tidak memimpikan sekolah di STAN. Kita akan diberikan uang saku oleh pihak pemerintah. Uang saku di sini bukan berarti diberikan setiap bulan seperti mahasiswa bidik misi. Uang saku di sini akan diberikan saat kita semester 5-6 untuk D3. Dan untuk D1 diberikan sekali selama pendidikan.

Mungkin uang saku ini tidak bisa menutupi kebutuhan hidup kita. Namun kita cukup bersyukur sekolah gratis yang memberikan uang saku kepada mahasiswanya jarang kita temukan.

Fasilitas lengkap

Walaupun sekolah ini tidak memungut biaya dari mahasiswa, namun fasilitasnya sangat lengkap. Ruangan kelas yang ber AC, perpustakaan yang menyediakan buku lengkap, proyektor, sepiker yang berkualitas dan juga di sediakan beberapa fasilitas olahraga lainnya.

Seperti, lapangan futsal, lapangan bulu tangkis, lapangan bola voli, tenis meja, tenis lapangan dan masih banyak lagi. Sekolah gratis yang menyediakan fasilitas lengkap seperti ini pastinya sangat jarang. Hal itu juga yang menjadi alasan kenapa kita memilih STAN dan berjuang penuh menjadi bagian di dalamnya.

Kenal dan bergaul dilingkungan yang baik dengan orang yang baik

Beasiswa sekolah di STAN tentunya akan didapatkan oleh mereka yang memiliki prestasi yang baik. Orang-orang dari Sabang sampai Merauke, dari suku Batak, Sunda, Jawa, Papua dan seluruh suku di Indonesia.

Rangkaian tes yang sangat sulit pastinya akan memilih orang-orang berkualitas yang memiliki pribadi yang terpuji. Kita bisa mengenal orang dengan berbagai latar suku dan kebudayaan yang berbeda, hal ini membuat kita lebih mengenal tentang Indonesia.

Lulus langsung bekerja

Alumni STAN anti jadi pengangguran. Setiap lulusan STAN akan ditempatkan di bidang pekerjaan yang bukan ecek-ecek. Sudah dipersiapkan tempat-tempat di bawah wewenang Kementerian Keuangan. Apabila kita tidak bersedia, masih banyak perusahaan yang memprioritaskan menerima pegawai alumni STAN.

Biaya universitas STAN yang gratis, dan pekerjaan dengan gaji yang menjanjikan tentunya membuat setiap orang rela berjuang untuk memperoleh kesempatan ini.

Selain biaya universitas STAN yang gratis, banyak sekali alasan mengapa kita harus menargetkan STAN menjadi sekolah kita nanti. Banyak fasilitas yang akan kita dapat saat menjadi bagian di PKN STAN.