Biaya Kuliah PKN STAN

Informasi Rincian Biaya Kuliah PKN STAN

Biaya Kuliah PKN STAN – Setiap pelajar yang duduk di kelas 12 pastinya sudah memulai memikirkan, akan ke mana setelah selesai di bangku SMA ini. Apakah akan melanjutkan pendidikan atau terjun langsung ke dunia kerja. Banyak sekali pilihan universitas baik negeri ataupun swasta. Sebagai pelajar kita tinggal menyiapkan apa yang harus saya lakukan agar apa yang saya cita-citakan dapat tercapai.

Namun, tidak sedikit dari mereka yang gagal dan mendapatkan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Banyak juga yang melebihi ekspektasi yang mereka buat. Banyak dari mereka yang bermimpi bisa masuk ke sekolah negara, seperti Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ( PKN STAN ).

Banyak pelajar yang berbondong-bondong berusaha untuk bisa masuk menjadi salah satu mahasiswa di dalamnya. Banyak cara yang dilakukan seperti mengikuti bimbingan belajar, membeli buku panduan mengerjakan soal, dsb.

Biaya Kuliah PKN STAN

Bagi mereka yang sudah dinyatakan lolos pun pasti akan menerka-nerka seperti apa STAN itu berapa besar biaya kuliah PKN STAN, di sini kami akan mencoba mengupas satu persatu biaya yang harus dipersiapkan untuk bersekolah di sekolah negara ini.

Biaya kuliah PKN STAN yang harus dipersiapkan

Sekolah gratis

Seperti bukan rahasia umum, sekolah di STAN tidak akan dikenakan biaya berapa pun. Sekolah milik negara ini membebaskan seluruh biaya operasional selama kita bersekolah di sana. Kita tidak perlu memikirkan biaya semester dsb. Inilah alasan kenapa banyak yang menginginkan sekolah di sini.

Biaya pendaftaran

Walaupun sekolah bebas bukan berarti pendaftaran juga bebas. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- dibayarkan ke rekening yang tertera pada Bukti Pendaftaran Online. Biaya ini merupakan syarat untuk mengikuti USM PKN STAN.

baca juga  Cara Jitu Lolos Pendaftaran PKN STAN Reguler

Tidak ada asrama

Walaupun merupakan sekolah milik pemerintah, namun di STAN tidak disediakan asrama seperti sekolah kepolisian. Kita harus menyiapkan menyewa tempat tinggal, biaya ini masuk ke dalam biaya kuliah PKN STAN.

Harga di lingkungan STAN, rata-rata sama dengan tarif kos di wilayah universitas lain. Tergantung pada selera dan pastinya budget yang kita siapkan. Harga berkisar dari 4-15 juta per tahun. Fasilitas yang kita dapat tergantung pada harga yang kita bayarkan. Kelas ekonomi harganya pun tergolong murah begitu juga sebaliknya.

BEM

Biaya kuliah PKN STAN bukan biaya operasional. BEM sebagai penyedia kegiatan mahasiswa di luar akademis. Seperti penyedia almamater dan juga kegiatan-kegiatan mahasiswa non akademis. Biaya ini dibayarkan sekali saat daftar ulang dan bisa digunakan selama kita menjadi mahasiswa STAN.

Biaya seragam dan alat tulis

Operasional gratis bukan berarti kita mendapatkan seragam gratis, kita harus mengeluarkan biaya untuk membeli seragam. Alat tulis selama kita pendidikan juga menjadi tanggungan setiap mahasiswa. Kedua biaya ini masuk ke rincian biaya kuliah PKN STAN.

Uang makan dan pengeluaran pribadi

Menjadi anak perantauan kita harus menyiapkan biaya untuk hidup. Yang paling penting biaya untuk makan. Hidup jauh dari keluarga tentunya kita harus pintar dalam mengatur pengeluaran. Meskipun bukan biaya kuliah operasional namun kebutuhan pribadi untuk makan, membeli peralatan mandi, juga termasuk biaya kuliah PKN STAN . Yang tentunya harus dianggarkan secara matang.

Biaya wisuda

Untuk wisuda juga kita harus mengeluarkan uang pribadi. Selain untuk membayar ke pihak sekolah, kita juga menyiapkan untuk keperluan pribadi, seperti membeli atau menyewa jas ataupun kebaya dan juga riasan wajah.

Biaya-biaya di atas harus dipersiapkan agar pendidikan kita berjalan lancar dan tidak terhalang biaya. Banyak yang berasal dari kalangan keluarga menengah ke bawah dan merasa kurang percaya diri, takut gagal di tengah jalan.

baca juga  Persiapan Masuk PKN STAN Yang Harus Diketahui

Namun, biaya-biaya ini dapat disiasati dengan kita bekerja paruh waktu. Seperti jualan online, menerima jasa bimbingan belajar, bekerja di tempat makan yang memberikan toleran bekerja separuh waktu. Sebagai mahasiswa di perantauan kita harus pintar dalam mengatur waktu agar lebih produktif.

Jangan karena biaya ini kita putus di tengah jalan. Banyak pelajar lain yang menginginkan kesempatan bersekolah di sekolah yang bergengsi ini. Karena memang bersekolah di STAN setelah lulus kita akan langsung mendapatkan pekerjaan di posisi yang menjanjikan dan gaji yang tentunya cukup banyak.

Masalah pembiayaan harus dipersiapkan jauh hari. Kita tidak perlu memaksakan kepada keluarga, kita juga harus pandai mengolah keuangan. Di awal bulan kita mendapat kiriman dari orang tua berfoya-foya nanti di akhir bulan kita akan hutang ke sana ke mari, jangan sampai hal itu terjadi. Karena fokus kita belajar pastinya akan terpecah.

STAN adalah sekolah yang sangat diimpikan oleh banyak orang. Dari kalangan biasa sampai anak pejabat. Biaya kuliah PKN STAN jangan sampai membuat kita berputus asa untuk bisa sekolah di sini, semua biaya dapat disiasati dengan baik.

Sending
User Rating 4 (10 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *