Syarat Masuk STAN Harus IPA – Atau boleh dari jurusan lainnya sering menjadi pertanyaan umum yang dilontarkan para calon peserta Ujian Seleksi Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau yang sekarang lebih dikenal dengan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Pasalnya walaupun jurusan yang ada di PKN STAN serupa jurusan sosial, namun yang banyak mendaftar justru dari eksak.

syarat masuk stan harus ipa

Hal ini membuat banyak orang menjadi berpikir bahwa yang berpeluang besar diterima dalam USM PKN STAN adalah mereka yang datang dari jurusan IPA. Padahal ini tidak benar. Sebab semua lulusan SMA sederajat dari seluruh Indonesia dan dari jurusan apapun boleh mendaftar dan memilih program studi manapun yang mereka inginkan.

Untuk masalah diterima atau tidak bukan semata-mata karena syarat masuk STAN harus IPA, melainkan karena mereka yang lolos tersebut memang bisa mengerjakan tes tertulis dengan baik, lolos tes kesehatan dan juga bisa mengerjakan tes potensi akademik serta tes wawancara.

Fakta Seputar Syarat Masuk STAN

Identik dengan IPS

Dilihat dari namanya saja, PKN STAN merupakan perguruan tinggi yang salah satu jurusannya adalah akuntansi yang identik dengan ilmu ekonomi yang masuk dalam ilmu sosial. Dari sini, seharusnya semua lulusan SMA sederajat tidak perlu takut untuk mendaftar, karena semuanya memiliki peluang yang sama. Termasuk mereka yang datang dari Sekolah Menengah Kejuruan dengan segala jurusannya.

Syarat masuk STAN harus IPA atau harus ips tidaklah benar. Semua lulusan SMA, SMK dan sederajat bisa diterima menjadi mahasiswa STAN dengan proses seleksi yang sama-sama ketat. Terdapat persyaratan khusus seperti ada minimal tinggi badan dan juga diutamakan mereka yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni.

Proses Seleksi

Semua peserta USM harus melalui proses seleksi yang sama yaitu pertama mereka harus mendaftar dengan menyertakan berkas yang benar terlebih dahulu. Semua calon peserta bisa mendaftar melalui cara online yang lebih mudah. Artinya semua orang yang lolos persyaratan umum berupa berusia minimal 17 tahun dan maksimal 20 tahun per 1 September tiap tahun perekrutan bisa mendaftar.

Selain itu, setiap peserta haruslah merupakan lulusan SMA, SMK dan sederajat dari segala jurusan. Jadi syarat masuk STAN harus IPA bukanlah informasi yang valid. Semua yang masih lajang, belum menikah serta bersedia untuk tidak menikah selama menjadi mahasiswa PKN STAN diperkenankan mengikuti USM dan mereka boleh saja berdomisili dari luar Jawa.

Sebab nantinya proses seleksi berupa tes akan tersebar lokasinya di kota-kota besar Indonesia. Sehingga mereka yang jauh lokasinya dari STAN bisa mengikuti seleksi di kota besar terdekat sesuai dengan jadwal yang mereka dapatkan setelah pendaftaran.

Syarat masuk STAN harus IPA hanyalah karena kebanyakan tes adalah tentang aritmatika dasar, penalaran, statistik dan soal serupa. Jadi sekalipun kamu datang dari jurusan video di SMK dan kamu bisa menguasai materi tes dengan baik dan mengerjakan dengan benar, kamu juga memiliki peluang besar untuk lolos.

Para calon peserta juga harus memiliki nilai rapor minimal 7.00 selama lima semester terakhir dan minimal 7.00 pada ijazah dan nilai tersebut bukanlah nilai pembulatan. Bagi calon pendaftar yang berasal dari sekolah luar negeri, maka ijazah mereka harus mendapatkan pengesahan terlebih dahulu dari Kementerian Pendidikan Nasional.

Kesehatan fisik juga merupakan ketentuan utama selain syarat masuk STAN harus IPA maupun dari jurusan lainnya. Sebab nantinya akan ada tes kesehatan yang akan memeriksa riwayat penyakit yang pernah diderita, penyakit fisik yang sedang dialami dan lain sebagainya. Semua peserta harus dinyatakan lolos dan sehat jasmani, serta tidak ketergantungan terhadap NAPZA.

Tidak buta warna, tidak berkacamata dan tidak memiliki cacat fisik juga menjadi ketentuan. Jikalau peserta sudah terlanjur memakai kacamata, maka besar dioptri harus tidak boleh lebih dari dua. Saat menjalani tes kesehatan, para peserta akan diharuskan berlari mengelilingi lapangan hingga hampir 15 menit. Jadi stamina memang sangat diperlukan agar bisa lolos dari tes ini.

Tes lain yang harus dijalani setelah tes kesehatan adalah tes potensi akademik dan tes wawancara. Untuk bisa dinyatakan lolos sebagai mahasiswa PKN STAN, maka peserta harus bisa lolos dari semua tes, jika salah satu gagal maka bisa dipastikan peserta tersebut sudah tidak mungkin masuk ke STAN.

Maka dari itu, persiapan dalam menghadapi USM sangat penting. Selain belajar dengan membeli panduan tes USM STAN, mengikuti try out, cara lainnya dan yang paling efektif adalah dengan masuk ke dalam lembaga bimbingan belajar khusus USM PKN STAN.

Salah satu lembaga tersebut yang sudah banyak meloloskan muridnya ke STAN adalah di www.garansimasukstan.co.id. Jika kamu ingin mendapatkan informasi lain selain syarat masuk STAN harus IPA, kunjungi saja laman tersebut dan bersiaplah untuk mengikuti pembelajaran yang interaktif.